Permintaan Kopi di Indonesia Meningkat Memicu Kenaikan Harga

1604

(Vibiznews – Commodity) – Harga kopi naik pada penutupan pasar hari Rabu, harga kopi Robusta meningkat ke tertinggi 3.5 minggu.

Harga kopi Arabika Desember ditutup naik 40 sen (0.41%) menjadi $97.55 per kantong, sedangkan di ICE London harga kopi juga naik ke harga tertinggi 3.5 minggu.

Harga kopi Arabika meningkat karena persediaan kopi Arabika yang dimonitor oleh ICE turun ke terendah
11 ¼ bulan pada hari Kamis menjadi 2.349 juta kantong.

Harga kopi robusta naik ke tertinggi 3.5 minggu karena Indonesia Coffee Exporters and Industries memproyeksikan permintaan kopi domestik meningkat 36% dari tahun lalu mencapai rekor sampai 5.3 juta kantong tahun ini, sementara produksi kopi tahun ini sebesar 11.5 – 12.0 juta kantong. Indonesia adalah produsen kopi robusta terbesar ketiga di dunia.

Melemahnya real Brazil merupakan factor negatif yang dapat menurunkan harga kopi, kemarin real Brazil sempat turun -0.60% pada hari Rabu, tapi sudah meningkat dari kurs terendah 11 ¼ bulan. Turunnya real dapat meningkatkan ekspor Brazil dan menguntungkan produsen.

Faktor yang meningkatkan harga kopi juga adalah ketika keluar pengumuman proyeksi dari Rabo Bank pada Kamis lalu bahwa defisit kopi global 2019/20 diperkirakan 4.1 juta kantong lebih besar dari proyeksi Mei defisit 1.8 juta kantong.

Harga kopi juga meningkat ketika hari Selasa lalu Inmet, Institute Meteorologi Brazil mengatakan bahwa perubahan dari El Nino pada akhir tahun akan meningkatkan kelembaban dan suhu udara tinggi di atas normal di area penanaman Brazil.

Sedangkan di Vietnam perkiraan oleh Lembaga Meteorologi Vietnam pada 14 Agustus bahwa di area perkebunan kopi curah hujan lebih kecil dari 20%-40% dari rata-rata.

Faktor penurunan dari kopi Robusta adanya laporan dari Bea Cukai Vietnam pada 28 Juli, ekspor Vietnam naik 24.2% dari tahun lalu menjadi 165,000 MT walaupun secara kumulatif masih turun 7.6% dari tahun lalu menjadi 1.084 MMT.

Analisa tehnikal untuk kopi arabika support pertama di $91.21 dan berikut ke $89.58 sedangkan resistant pertama ke $98.88 dan berikut ke $100.51

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here