AS dan China Sepakat Bertemu Awal Oktober Lanjutkan Negosiasi Dagang

748

(Vibiznews – Economy & Business) Amerika Serikat dan China sepakat mengadakan pertemuan pada awal Oktober untuk putaran negosiasi perdagangan berikutnya. Berita tersebut disampaikan Kementerian Perdagangan China seperti yang dilansir CNBC.

Liu He, pemimpin negosiator China untuk perdagangan, berbicara dengan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin, kata pernyataan Kementerian Perdagangan, menurut terjemahan CNBC dari teks berbahasa China.

Dalam sebuah pernyataan kepada CNBC, juru bicara Perwakilan Perdagangan AS mengkonfirmasi panggilan telepon, tetapi tidak pada pertemuan Oktober.

Beijing mengatakan kedua pihak sepakat untuk mengadakan putaran perundingan perdagangan lagi di Washington pada awal bulan depan, dan konsultasi akan dilakukan pada pertengahan September sebagai persiapan untuk pertemuan tersebut, kata Kementerian Perdagangan China.

Namun, juru bicara USTR hanya mengakui bahwa kedua negara sepakat untuk mengadakan pertemuan di tingkat menteri di Washington dalam beberapa minggu mendatang dan bahwa pertemuan tingkat wakil akan berlangsung pada pertengahan September untuk meletakkan dasar bagi kemajuan yang berarti.

Sebelumnya, kedua belah pihak telah mengindikasikan mereka akan bertemu pada bulan September. Namun, ketegangan perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia meningkat dalam beberapa minggu terakhir. Putaran terakhir dari tarif pembalasan atas barang-barang bernilai miliaran dolar dari masing-masing negara mulai berlaku pada hari Minggu.

Menteri Perdagangan Tiongkok Zhong Shan, Gubernur Bank Rakyat Tiongkok Yi Gang dan Ning Jizhe, wakil ketua badan perencanaan ekonomi utama Tiongkok, Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional, juga bergabung dalam pertemuan itu, menurut pernyataan tersebut.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here