Harga Kopi Robusta Turun ke Terendah 9 ¼ tahun

743

(Vibiznews – Commodity) – Harga kopi robusta Januari di ICE London turun ke terendah 9 ¼ tahun karena persediaan melimpah.

Harga kopi Desember di ICE New York turun $1.20 (1.24%) menjadi $95.40 per kantong, sedangkan harga kopi Robusta turun £ 37 (2.78%) . Harga kopi robusta turun ke harga terendah 9 ¼ tahun.

Harga kopi turun karena melimpahnya hasil kopi di Brazil, hujan yang turun mendorong tanaman kopi berbunga di daerah perkebunan terbesar di Minas Gerais, Brazil.Harga kopi turun pada hari Kamis karena kelanjutan dari penurunan hari Rabu ketika ICO mengumumkan perkiraan surplus kopi global menjadi 4.96 juta kantong dari perkiraan surplus Agustus sebesar 3.92 juta kantong.

Penurunan harga kopi terhenti karena kurs real Brazil meningkat ke tertinggi 1.5 minggu terhadap dolar, peningkatan real membuat eksportir kopi rugi karena pembeli berkurang karena harganya lebih mahal bagi orang asing.

Pada hari Selasa kopi Arabika Desember turun ke terendah dua minggu dan kopi Robusta Januari turun ke terendah tiga minggu karena persediaan melimpah. Hari Selasa data dari International Coffee Organization (ICO ) menunjukan ekspor kopi dari Oktober sampai Juli naik 10% dari tahun lalu menjadi 109.4 juta kantong.

Faktor penurunan dari kopi Robusta adalah laporan dari Vietnam’s General Department of Vietnam Customs pada hari Kamis ekspor kopi Vietnam bulan Agustus turun 21.2% dari tahun lalu ke 130,000 MT dan kumulatif dari ekspor Januari – Agustus turun 10.3% dari tahun lalu menjadi 1.190 MMT. Vietnam menjadi produser kopi robusta terbesar.

Persediaan kopi ketat setelah ICE memonitor persediaan kopi Arabika turun terendah 11 ½ bulan pada hari Selasa menjadi 2.329 juta kantong.

Analisa tehnikal untuk kopi Arabika dengan support pertama di $92.21 dan berikut ke $90.83 sedangkan resistan pertama $96.23 dan berikut ke $97.61.

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here