Harga Minyak Menuju Kenaikan Mingguan Lebih 6 Persen

962

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak berada di jalur untuk melonjak lebih dari 6% minggu ini, kenaikan mingguan terbesar mereka dalam beberapa bulan, terpicu serangan pusat pasokan utama minyak mentah Arab Saudi dalam akhir pekan lalu.

Sebuah koalisi yang dipimpin Saudi meluncurkan operasi militer di utara kota pelabuhan Yaman, Hodeidah, ketika Amerika Serikat bekerja dengan negara-negara Timur Tengah dan Eropa untuk membangun koalisi untuk mencegah ancaman Iran setelah serangan Saudi.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 59 sen menjadi $ 58,72 per barel, ditetapkan untuk membukukan kenaikan lebih dari 6% untuk minggu ini.

Harga minyak mentah berjangka Brent berada di jalur untuk naik sekitar 7% minggu ini, kenaikan mingguan terbesar sejak Januari. Kontrak bulan depan November berada di $ 64,85 per barel, naik 45 sen.

Produksi Arab Saudi turun hampir setengah setelah serangan pada hari Sabtu, 14 September, melumpuhkan fasilitas pemrosesan minyak utama. Menteri perminyakannya telah berjanji untuk mengembalikan produksi yang hilang pada akhir bulan ini.

Amerika Serikat dan Arab Saudi menyalahkan Iran atas serangan terhadap fasilitas minyak Saudi. Teheran menyangkal keterlibatannya.

Sementara itu di Amerika Serikat, hujan deras dari Badai Tropis Imelda telah memaksa kilang utama untuk memotong produksi dan untuk menutup pipa minyak utama, terminal dan saluran kapal di Texas.

Pasar global juga mengawasi negosiasi perdagangan AS-China di Washington, ketika para pejabat dari kedua belah pihak memulai kembali pembicaraan tatap muka untuk pertama kalinya dalam hampir dua bulan pada hari Kamis.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak berpotensi naik dengan adanya badai tropis Imelda di AS yang membatasi produksi. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 59,20-$ 59,70, namun jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 58,20-$ 57,70.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here