Pertumbuhan Bisnis Jerman Merosot Terendah 7 Tahun

1518

(Vibiznews _ Economy & Business) Indeks yang mencerminkan sentimen bisnis Jerman menunjukkan angka terendah sejak Oktober 2012. Dan sentimen di antara produsen mengambil pukulan terbesar, membukukan tingkat aktivitas pabrik terendah sejak kedalaman krisis keuangan, menurut IHS Markit.

Menurut IHS Markit, pembacaan cepat untuk indeks manajer pembelian untuk September, di semua sektor ekonomi, berada di 49,1, turun dari 51,7 pada Agustus.

Banyak dari penurunan tersebut telah dikaitkan dengan ketidakpastian eksternal dalam bentuk perang dagang antara AS dan China serta rencana Inggris untuk keluar dari Uni Eropa. Ketiga negara telah mengurangi jumlah pesanan dari Jerman, merugikan ekonomi terbesar Eropa.

Pembacaan September flash menandai pembacaan pertama Jerman di bawah ambang 50, yang menandakan penurunan sejak April 2013.

IHS Markit menyalahkan penurunan tajam dalam manufaktur dan jasa, dengan mengatakan “pertumbuhan aktivitas bisnis di sektor jasa melambat tajam sejak Agustus menjadi salah satu tingkat terlemah yang terlihat selama tiga tahun terakhir,” dengan PMI jasa pada September turun menjadi 52,5 dari 54,8.

Lebih mengkhawatirkan, IHS Markit mengatakan “manufaktur bernasib lebih buruk, mencatat penurunan bulanan kedelapan berturut-turut dalam produksi dan tingkat penurunan tertajam sejak Juli 2012,” dengan pembacaan cepat di 41,4, jatuh dari 43,5 bulan lalu.

Perusahaan riset mengatakan ini adalah “penurunan paling tajam dalam kondisi bisnis di sektor penghasil barang sejak kedalaman krisis keuangan global pada pertengahan 2009.”
Apa yang membuat bacaan ini bahkan lebih mengkhawatirkan adalah bahwa ekonomi Jerman sangat bergantung pada manufaktur.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here