Optimisme Bisnis Jerman September Naik Setelah 6 Bulan Merosot

553

(Vibiznews – Economy & Business) Optimisme bisnis Jerman naik pada bulan September untuk pertama kalinya dalam enam bulan tetapi ekonomi terbesar Eropa ini masih kemungkinan tergelincir ke dalam resesi karena konflik perdagangan AS dan China, demikian lembaga ekonomi Ifo mengatakan pada hari Selasa (24/09).

Indeks iklim bisnis Ifo naik menjadi 94,6 dari 94,3 pada Agustus, menghentikan serangkaian penurunan lima kali berturut-turut. Bacaan bulan September dibandingkan dengan perkiraan konsensus untuk 94,4.

Namun Presiden Ifo Clemens Fuest menyatakan di bidang manufaktur, iklim bisnis memiliki arah ke bawah.

Jerman yang bergantung pada ekspor menderita dari pertumbuhan global yang lebih lambat dan ketidakpastian bisnis yang disebabkan oleh ‘kebijakan perdagangan Presiden AS Donald Trump dan perkembangan Inggris keluar dari Uni Eropa.

Indeks kondisi saat ini Ifo naik menjadi 98,5 dari 97,4 pada Agustus tetapi indeks ekspektasinya turun menjadi 90,8 dari 91,3.

Ekonom Ifo Klaus Wohlrabe mengatakan ekonomi Jerman kemungkinan akan menyusut lagi pada kuartal ketiga.

Itu akan menempatkannya dalam resesi – biasanya didefinisikan sebagai periode kontraksi setidaknya dua kuartal berturut-turut – setelah menyusut 0,1% pada kuartal kedua.

Menteri Ekonomi Peter Altmaier, berbicara segera setelah rilis data Ifo, mengatakan dinamika pertumbuhan Jerman telah memburuk tetapi bersikeras: “Kami tidak dalam resesi.”

Sebagian besar kekayaan ekonomi Jerman terikat pada faktor-faktor di luar kendali: terutama pertumbuhan global yang lebih lemah, perkembangan dalam konflik perdagangan AS-Tiongkok dan pertanyaan apakah Inggris dapat mencapai jalan keluar yang lancar dari Uni Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here