Emas Turun Ditengah Menguatnya Dolar AS

1201

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak turun dengan solid pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Jumat. Indeks dolar AS yang kuat yang menyentuh ketinggian baru pada tahun ini, sedang menekan harga metal berharga. Postur grafik untuk kedua metal juga mengalami penurunan dan pergerakan naik harus melangkah lagi dan menunjukkan kekuatannya segera untuk menghindarkan kerusakan tehnikal yang serius.

Emas berjangka bulan Desember terakhir turun $13.20 per ons pada $1,502.10. Harga perak Comex bulan Desember terakhir turun $0.292 pada $17.62 per ons.

Sekelompok data ekonomi yang baru saja dirilis tidak memberikan kejutan yang besar dan tidak menggerakkan pasar dengan signifikan. Order durable goods pada bulan Agustus naik 0.2% dari bulan Juli, dibandingkan dengan yang diperkirakan penurunan 1.0%. Personal spending pada bulan Agustus naik hanya 0.1% dari bulan Juli dibandingkan dengan yang diperkirakan naik 0.3%.

Pasar Asia kebanyakan melemah, sementara pasar saham Eropa kebanyakan naik di dalam perdagangan overnight. Indeks saham AS mengarah sedikit lebih tinggi ketika pembukaan pasar sesi New York dimulai.

Pertumbuhan ekonomi global menjadi fokus pada akhir minggu ini. Cina melaporkan keuntungan industrinya turun 2% pada bulan Agustus, YoY. Deflasi harga produsen juga menurun pada bulan Agustus. Data ekonomi yang lain yang dirilis dari negara nomor dua terbesar ekonominya pada hari Jumat juga menunjukkan impor komoditas mentah Cina juga menurun. Perang dagang AS-Cina telah menciutkan pertumbuhan ekonomi Cina secara signifikan.

Harga minyak mentah Nymex turun dan diperdagangkan disekitar $55.00 per barel. Kejatuhan harga minyak mentah pada minggu ini dikombinasikan dengan dolar AS yang kuat, membuat tekanan “bearish” diluar pasar terhadap metal.

Secara tehnikal, obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,490.70 setelah melewati $1,497.20. Sedangkan obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,566.20 setelah melewati $1,514.40 dan kemudian $1,520.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here