Harga Kakao Naik ke Dua Bulan Tertinggi, Persediaan Turun Di Ivory Coast

507

(Vibiznews – Commodity) – Harga kakao naik ke tertinggi dua bulan karena berkurangnya persediaan di Ivory Coast.

Harga kakao Desember di ICE New York ditutup naik $36 (1.46%) menjadi $2,505 per ton sementara di ICE London harga Kakao naik 1.36%.Harga kakao New York pada hari Kamis naik ke tertinggi dua bulan dan di London harga kakao ke tertinggi dua setengah bulan.

Berkurangnya persediaan kakao di Ivory Coast membuat pemilik dana membeli kakao di pasar berjangka pada minggu ini. Data hari Senin menunjukan petani di Ivory Coast mengirim 3,615 MT kakao ke pelabuhan antara tanggal 16-22 September, penurunan 74.6 % dari periode yang sama pada tahun lalu. Secara kumulatif dari 1 Oktober sampai 31 Juli petani mengirim 2.11 MMT kakao naik 15.3% dari tahun lalu pada periode yang sama.

Faktor positif lagi adalah laporan monitor ICE bahwa persediaan kakao ketat, karena selama tiga bulan terjadi penurunan dan mencapai 7.5 bulan terendahnya di 3.797 juta kantong pada hari Rabu.

Panen sedang berlangsung di Nigeria namun belum di semua area. Cuaca di Ivory Coast suhunya normal, hujan turun tidak merata, sedangkan di Ghana wabah hama masih berlangsung. Di Asia tanaman dalam keadaan baik dan panen berjalan, walaupun beberapa daerah masih kering. Di Malaysia dan Indonesia sudah beberapa daerah turun hujan dan suhu normal.

Analisa tehnikal untuk kakao New York support pertama di $2,430 dan berikut ke $2,400 sedangkan resistant berada di $2,520 dan berikut ke $2,540.

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here