Preview Non-Farm Payrolls: 5 Skenario EUR/USD

839

(Vibiznews-Forex) Ketakutan sedang bertumbuh bahwa lapangan pekerjaan Amerika sedang melambat – yang telah memukul dolar AS – namun apakah EUR/USD bisa naik? Laporan Non-Farm Payrolls bulan September sedang diawasi dengan ketakutan dan bisa memicu lebih banyak volatilitas daripada biasanya.

Pasar tenaga kerja telah menonjol di dalam ekonomi Amerika Serikat dengan kekuatannya dan stabilitasnya. Negara dengan perekonomian terbesar di dunia ini telah memperoleh 200.000 pekerjaan secara rata-rata selama beberapa tahun belakangan. Naik dan turun di dalam pertumbuhan ekonomi, inflasi dan tingkat bunga datang dan pergi – namun rata-rata pertumbuhan pekerjaan tetap stabil.

Sekarang ketakutan perlambatan di dalam pencarian pekerjaan telah meningkat. Dua laporan pekerjaan bulan Juli dan Agustus keluar dengan jumlah penciptaan pekerjaan dibawah 200.000. Perlambatan ini bahkan telah mempengaruhi ekspektasi.

Purchasing Manager Index ISM untuk sektor manufaktur jatuh ke 47.8 pada bulan September – level terendah selama lebih dari 10 tahun. Terlebih lagi komponen “employment” juga jatuh – menunjukkan perekrutan pekerja yang melemah. Hasil dari indikator yang melihat kedepan ini telah mengirim dolar AS turun.

 

 

Laporan  Non-Farm Payrolls dari ADP juga meleset dari yang diperkirakan dengan menunjukkan kenaikan hanya 135.000 di dalam sektor pekerjaan swasta bulan September.

Federal Reserve telah memangkas tingkat suku bunganya di dalam dua keputusan sebelumnya namun memberikan signal stop. Tetapi, data belakangan telah mendorong kemungkinan adanya pemangkasan tingkat bunga pada bulan Oktober diatas 70% – dan laporan pekerjaan mala mini tidak diragukan lagi akan membentuk ekspektasi.

Kenaikan yang lebih sedikit dari 100.000 pekerjaan bisa mendorong pasar untuk memperhitungkan di dalam harga pemangkasan tingkat bunga pada pertemuan tanggal 30 Oktober menjadi 100%. Sebaliknya, investor kemungkinan mengeluarkan dari harga akan pemangkasan tingkat bunga jika ekonomi AS memperoleh 200.000 pekerjaan atau lebih.

Lima skenario pergerakan EUR/USD setelah keluarnya laporan Non-Farm Payrolls

  1. Di dalam ekspektasi – 100.000 – 150.000

Rentang di dalam ekspektasi ini cenderung memberikan penurunan dibandingkan dengan konsensus 140.000 yang muncul di dalam kalender data ekonomi AS sebagai data penurunan. Di dalam skenario ini, dolar AS kemungkinan akan bergerak “choppy” sementara EUR/USD kemungkinan mengakhiri penurunan bertahapnya. Hal ini  akan memberikan peringatan bahwa “Amerika Serikat adalah baju terbersih di dalam tumpukan baju kotor”.

Skenario ini memiliki probabilita yang tinggi.

  1. Diatas ekspektasi – 150.000 – 200.000

Kembalinya ke rentang normal bisa mengirim dolar naik lebih tinggi secara luas dan EUR/USD bisa turun. Kemungkinan dari Federal Reserve akan memangkas tingkat suku bunga juga akan turun.

Skenario ini memiliki probabilita medium.

  1. Jauh diatas ekspektasi – > 200.000

Laporan Non-Farm Payrolls cenderung mengejutkan dan suatu “rebound” sebagaimana yang terjadi pada bulan Maret, bisa mengirim dolar AS naik dan bisa dengan mudah mengirim EUR/USD ke kerendahan baru selama dua tahun.

  1. Dibawah ekspektasi – 50.000 – 100.000

Berlanjutnya penurunan bertahap – dari 159.000 menjadi 130.000 dan dibawah 100.000 memiliki probabilita tinggi sampai medium. Dalam hal ini, dolar AS kemungkinan turun secara meluas dengan naiknya kemungkinan pemangkasan tingkat bunga oleh the Fed.

  1. Jauh dibawah ekspektasi 50.000 atau lebih buruk lagi

Di dalam kasus yang sangat menghancurkan dimana ekonomi AS hampir tidak menciptakan lapangan pekerjaan, dolar AS akan terjun bebas dengan pemangkasan tingkat suku bunga pada bulan Oktober sudah dipastikan. Hal ini juga akan membuk pintu kepada ronde baru dari Quantitative Easing. Skenario ini rendah probabilita terjadinya dan EUR/USD akan memiliki ruangan untuk naik.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here