Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 14 Oktober 2019

398

(Vibiznews-Commodity) Walaupun emas terpukul pada hari Jumat minggu lalu, para analis masih optimis bahwa metal berharga akan kembali ke level $1,500 segera. Emas jatuh lebih dari 1% pada hari Jumat minggu lalu dengan emas berjangka Comex bulan Desember terakhir diperdagangkan dekat kerendahan dua minggu pada $1,487.70 per ons.

Naiknya minat terhadap resiko mendorong pasar saham meningkat dan menekan emas turun dengan para investor menunggu pengumuman akan kesepakatan perdagangan parsial antara Amerika Serikat dengan Cina.

Presiden Trump mengumumkan bahwa Amerika Serikat telah sampai kepada fase kesepakatan yang sangat substansial dengan Cina. Setelah 14 sesi negosiasi yang formal, yang telah berlangsung lebih dari 15 bulan, pada hari kemarin diumumkan bahwa kedua negara super power ini telah mencapai persetujuan dasar mengenai bagian-bagian dari pertikaian perdagangan.

Menurut survey emas mingguan dari Kitco News yang terbaru, bearishnya Wall Street mengambil momentum jangka pendek dari bullish dengan harga emas diperkirakan turun pada minggu ini. Namun investor Main Street menolak untuk menyerah mengenai rally emas dengan mereka terus berharap harga emas akan kembali naik minggu ini.

Dari 17 profesional pasar yang mengambil bagian di dalam survey Wall Street, 5 analis atau 29% mengatakan mereka melihat harga emas akan naik minggu ini. 8 analis atau 47% memprediksi harga emas akan turun. Sisanya 4 suara atau 24% melihat pasar emas “sideways” atau netral.

Sementara itu dari 954 responden yang mengambil bagian dari polling online Main Street, sebanyak 566 suara atau 59% melihat emas naik. Sebanyak 221 atau 23% memprediksi emas akan turun dan sisanya 167 suara atau 18% melihat pasar “sideways”.

Penurunan harga emas lebih lanjut akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,474.37 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke $1,459.63 dan kemudian $1,430.45. Sedangkan apabila berbalik naik, akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,503.56 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,518.00 dan kemudian $1,547.19.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here