Cuaca Buruk di Ladang Kedelai, Harga Kedelai Naik

887

(Vibiznews – Commodity) – Harga kedelai  ditutup naik karena cuaca buruk melanda  tanaman kedelai dan ditutup salju.

Harga kedelai  Nopember  di CBOT naik 4.5 sen menjadi $9.4050 per bushel. Soybean meal turun $0.90 per ton, sementara minyak kedelai naik 7 sen.

Harga kedelai  naik karena cuaca dingin, sebagian dari Dakota ditutupi salju 2 feet setelah badai salju pada minggu lalu.

Para trader menunggu laporan pertumbuhan tanaman yang akan keluar hari Selasa ini diperkirakan proses panen sampai 14 Oktober sebesar 25-26%, lebih kecil 11% dari tahun lalu dan 23% lebih kecil dari rata-rata.  Survey Reuter mengatakan kedelai yang rusak adalah sekitar 162 juta bushel turun dari bulan Agustus  168 bushel karena  beberapa tanaman rusak sebelum panen.

Di  Brazil kedelai yang ditanam sudah 9.5% dibanding rata-rata 5 tahun sebesar 12.4%.

Faktor kenaikan harga kedelai hari Jumat juga akibat dari hasil  pembicaraan perdagangan antara AS – China selama dua hari, dimana akan dibuat  perjanjian yang menyangkut  produk-produk pertanian , hak-hak property dan  serta penundaan kenaikan tariff bea masuk. Dengan perjanjian ini Cina akan membeli $40-$50 milyar produk pertanian AS setiap tahun, untuk  tahun  ke dua.

Analisa tehnikal untuk kedelai dengan support pertama di $9.24 dan berikut di $9.19 sedangkan resistant pertama di $9.41 dan berikut $9.43

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here