Harga Gula Turun Akibat Turunnya Real Brazil

708

(Vibiznews – Commodity) – Harga gula turun  karena turunnya kurs Real Brazil ke terendah tiga minggu.

Harga gula Maret di ICE New York turun 24 sen  (1.91%) menjadi $12.35 per pound dan  harga gula putih Desember  ICE London turn 1.70%.

Harga gula turun setelah kurs real Brazil turun tiga minggu terendah terhadap dolar, melemahnya real mendorong ekspor gula.

Pada hari Rabu lalu laporan dari Unica melaporkan 35.1 MMT dari tebu digiling sampai pertengahan September, dibawah perkiraan 36.2 MMT. Laporan Unica mengenai produksi  di Brazil – Pusat dan Selatan secara total 2019/20 turun 2.4% dari tahun lalu menjadi 21.8 MMT.

Pada hari Rabu lalu laporan dari Unica melaporkan 35.1 MMT dari tebu digiling sampai pertengahan September, dibawah perkiraan 36.2 MMT. Laporan Unica mengenai produksi  di Brazil – Pusat dan Selatan secara total 2019/20 turun 2.4% dari tahun lalu menjadi 21.8 MMT. Laporan Unica mengenai perkiraan produksi Etanol di Brazil memotong produksi gula turun 5.7% dari tahun lalu menjadi 14 tahun terendah menjadi 25 MMT.

Harga gula Maret di New York naik menjadi 1 ¾ bulan tertinggi sampai 2 Oktober dan harga gula di London naik 7 ¼ bulan tertinggi pada 4 Oktober. Green Pool Commodity Specialist pada 2 Oktober menaikan neraca defisit 6.4 MMT dua kali lipat dari perkiraan defisit bulan Juni 3 MMT.  JP Morgan juga mengatakan periode sekarang adalah periode transisi untuk fase defisit dan perkiraan defisit gula global minimal 7 MMT.

Kondisi di Thailand kering di produsen gula ke empat dunia, dimana daerah perkebunan tebu Thailand hanya menerima hujan 40 %, mengganggu pertumbuhan dari tanaman tebu

Harga minyak mentah dunia relative murah sehingga permintaan etanol kurang.

Cuaca di Brazil membuat tanaman bertumbuh dengan baik. Pada hari Rabu ini cuaca kering dan hujan tidak merata. Suhu diatas normal.  Daerah Rusia sampai Eropa Timur kering dan panas sehingga mengganggu tanaman beet dan beberapa tanaman rusak.

Analisa tehnikal dengan support pertama $12.20 dan berikut $12.10 sedangkan resistant pertama di $12.60 dan berikut ke $12.90

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here