Poundsterling Naik Tertinggi 5 Bulan Terdorong Kesepakatan Brexit

863

(Vibiznews – Forex) Poundsterling Inggris naik mencapai tertinggi lima bulan terhadap dolar AS pada Kamis (17/10)setelah para pemimpin Uni Eropa dan Inggris mengkonfirmasi bahwa rancangan kesepakatan Brexit telah disepakati.

Sterling naik setinggi $ 1,2988 mencapai level tertinggi lima bulan. Euro juga menguat terhadap dolar naik 0,5% versus greenback. Saham di seluruh Eropa naik 0,75% segera setelah laporan, dengan bank memimpin kenaikan.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengumumkan “banyak hal baru yang mengambil kendali kembali” melalui akun Twitter-nya.

Sebuah laporan terpisah dari Reuters mengutip Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker yang mengatakan rancangan kesepakatan telah tercapai.

“Di mana ada kemauan, ada kesepakatan – kami punya satu! Ini adalah perjanjian yang adil dan seimbang untuk UE dan UK dan merupakan bukti komitmen kami untuk menemukan solusi. Saya merekomendasikan (KTT Uni Eropa) mendukung kesepakatannya, ”kata Juncker seperti yang dilansir CNBC..

Menahan pergerakan saham dan mata uang adalah pernyataan dari Partai Persatuan Demokratik Irlandia Utara (DUP) yang mengatakan pihaknya masih memiliki kekhawatiran tentang kesepakatan itu dan tidak akan mendukungnya di Parlemen Inggris.

Segera setelah itu, pemimpin oposisi dari Inggris Jeremy Corbyn, mengatakan bahwa Johnson tampaknya telah menegosiasikan kesepakatan yang lebih buruk daripada pendahulunya Theresa May. Corbyn mengatakan dia sekarang akan mendukung referendum konfirmasi.

“Kesepakatan menjual ini tidak akan menyatukan negara dan harus ditolak. Cara terbaik untuk mendapatkan Brexit diurutkan adalah dengan memberi orang-orang keputusan akhir dalam pemungutan suara publik, “katanya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan mata uang Poundsterling dan Euro berpotensi terus naik dengan tercapainya kesepakatan Brexit antara Inggris dengan Uni Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here