Bursa Eropa di Zona Negatif Menantikan Keputusan Brexit Parlemen Inggris

1740

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak lebih rendah pada Jumat (18/10) dengan kecemasan investor menunggu apakah kesepakatan Brexit yang disepakati antara Inggris dan Uni Eropa akan lolos dari anggota parlemen Inggris.

Indeks Stoxx 600 Eropa memangkas kerugian awal untuk diperdagangkan 0,1% lebih rendah pada pertengahan sore, dengan perdagangan otomotif turun 1,4% di belakang peringatan laba dari Renault, sementara sumber daya dasar bertambah 0,7%.

Indeks FTSE turun 0.16%. Indeks DAX melemah 0.12%. Sedangkan indeks CAC merosot 0.64%.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyetujui kesepakatan Brexit baru yang dengan suara bulat didukung oleh para pemimpin Uni Eropa pada hari Kamis, tetapi sekarang harus berjuang untuk mendapatkan persetujuan dari anggota parlemen Inggris (Anggota Parlemen) dalam pemungutan suara pada hari Sabtu jika ia ingin berhasil membawa Inggris keluar blok pada tanggal 31 Oktober.

Partai Persatuan Demokratik Irlandia Utara (DUP), mitra koalisi partai Konservatif Johnson yang berkuasa, telah menegaskan bahwa mereka akan memberikan suara menentang kesepakatan itu. Perdana menteri perlu mengamankan dukungan dari Brexiteers garis keras di dalam partainya bersama dengan 21 moderat yang dikeluarkannya dari partai bulan lalu karena memberikan suara untuk mencegah keluarnya kesepakatan.

Beberapa analis memproyeksikan kekalahan tipis kecuali Johnson dapat mengatur urutan tinggi mengamankan 37 suara dari anggota parlemen di luar jajarannya sendiri.

Komite Perbendaharaan parlemen Inggris menulis kepada Menteri Keuangan Sajid Javid mendesaknya untuk mempublikasikan prakiraan ekonomi terbaru tentang biaya meninggalkan berdasarkan kesepakatan yang diusulkan, Reuters melaporkan Jumat pagi.

Musim penghasilan tetap menjadi fokus, dengan produsen mobil Prancis Renault pada hari Kamis memangkas prospek pendapatan 2019 dan perkiraan laba mengutip perlambatan di Turki dan Argentina. Saham Renault jatuh 12,2% pada hari Jumat untuk menyeret sisa sektor otomotif Eropa ke zona merah.

Di puncak Stoxx 600, perusahaan teknologi medis Swedia Getinge melonjak 15,6% setelah laba kuartal ketiga melampaui ekspektasi, menunjukkan pertumbuhan yang berkelanjutan dan peningkatan margin.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi lemah dengan kecemasan keputusan Brexit di parlemen Inggris, juga melemahnya data pertumbuhan ekonomi China kuartal ketiga semakin menekan bursa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here