3 Skenario GBP/USD Dari Pemungutan Suara Brexit Malam Ini

421

(Vibiznews-Forex) Pada saat memberikan pesan ke House of Commons menjelang pemungutan suara Brexit yang kritikal pada malam ini, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengulangi bahwa mereka perlu meninggalkan Uni Eropa dengan kesepakatan Brexit yang baru pada tanggal 31 Oktober. “Jika House of Commons mendukung legislasi, kita bisa menyelesaikan masalah Brexit,” kata Johnson.

Sementara itu, Pounsterling Inggris terus kehilangan keuntungannya terhadap USD yang dicatat pada hari Senin. Pada saat ini pasangan GBP/USD terus turun sampai ke 1.2925, turun 0.25%. Perdana Menteri Johnson berkata,”Saya percaya jika kita meloloskan kesepakatan ini dan legislasi, kita bisa pindah halaman dan membuat Inggris bersatu. Cara terbaik untuk menghindari disrupsi dari tidak adanya kesepakatan adalah dengan memberikan suara untuk kesepakatan ini pada hari ini. Memberi suara bagi legislasi akan membuka gelombang investasi yang akan menjadi tembakan yang “powerful” bagi ekonomi.

Bagi poundsterling, ada 3 skenario, dimana masing-masing dengan potensi reaksi yang berbeda bagi GBP/USD:

  1. Pemungutan suara berhasil – GDP/USD siap bergerak naik.

Jika pemungutan suara berhasil, poundsterling akan siap bergerak naik. Skenario ini memiliki probabilita yang tinggi dan kemungkinan akan membawa kepada kenaikan GBP/USD. Hal ini akan memberikan semacam kepastian bahwa House of Commons siap untuk memberikan suara bagi kesepakatan Brexit Johnson. Sementara rintangan masih ada dan Inggris akan meninggalkan Uni Eropa setelah tenggat waktu dilewati. Hal ini memberikan kejelasan.

  1. Gagal Total – Poundsterling Terjun Bebas

Dalam skenario ini anggota parlemen yang pro-remain dan beberap garis keras yang esktrim akan membawa mayoritas untuk menolak kesepakatan Johnson – seperti yang dilakukan terhadap pendahulunya Theresa May. Angka ajaib 320 anggota parlemen tidak akan tercapai. Dalam hal ini GBP/USD akan tumbang, namun probabilita akan terjadi rendah.

  1. “Double Pass” – GBP/USD Naik Tinggi

Di dalam scenario ini Johnson berhasil memenangkan dukungan melewati legislasi secepat mungkin. Hal ini akan menaikkan level kepastian bahwa Inggris akan meninggalkan Uni Eropa pada tanggal 31 Oktober dan melepaskan Brusel dari keperluan untuk menyetujui perpanjangan. Dalam skenario ini yang probabilitanya medium, GBP/USD siap untuk rally.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here