Optimisme Perdagangan AS-China, Naik atau Turun?

555

(Vibiznews – Market Mover) Sentimen utama pergerakan pasar perdagangan global tampaknya masih perdagangan AS-China. Pasar terlihat mengikuti naik atau turunnya optimisme perdagangan AS-China ini.
Bagaimana minggu ini?

Presiden AS Donald Trump mengatakan di Washington bahwa upaya untuk mengakhiri pertikaian AS-China berjalan dengan baik, sementara penasihat Gedung Putih Larry Kudlow mengatakan tarif yang dijadwalkan untuk Desember dapat ditarik jika ada kemajuan.

Wakil Perdana Menteri dan kepala perunding Cina Liu He mengatakan pekan lalu bahwa Beijing sedang mendekati pembicaraan dengan dasar saling menghormati.

Dari pernyataan-pernyataan tersebut terlihat sinyal positif untuk perkembangan perang dagang AS-China ini. Jika demikian diperkirakan memberikan dukungan bagi penguatan pasar global.

Dari pasar forex, mata uang dolar AS bangkit mengalahkan rivalnya, terdung optimisme kesepakatan dagang AS-,China.

Dari pasar index, bursa-bursa utama diperkirakan menguat. Bursa AS, Eropa dan Asia terpantau bergerak positif, berpotensi lanjutkan kenaikan.

Bagaimana pasar komoditi? Emas diperkirakan melemah seiring optimisme perdagangan AS-China dan kenaikan dolar AS. Sedangkan minyak berpotensi naik dengan optimisme perdagangan mendorong permintaan minyak.

Sentimen lain yang perlu dicermati adalah perkembangan Brexit dan data ekonomi zona eropa seperti consumer confidence dan data durable goods orders AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here