Semangat Pasar Dorong Indeks Stoxx600 Ke Level Tertinggi Sejak Mei 2018

359

(Vibiznews – Index) – Para investor saham mendorong pasar Eropa pada hari Kamis sehingga mendorong saham daerah ke level tertinggi mereka dalam lebih dari setahun dan mendorong euro menuju bulan terbaik sejak Januari 2018.

Pembaruan pendapatan dari Microsoft dan pembuat Mercedes Daimler, bersama dengan gencatan senjata di Suriah utara, mengangkat selera para pemain bursa saham. Ketidakpastian perdagangan dan Brexit serta beberapa data Jerman yang berada di bawah par mencegah kenaikan yang lebih besar.

Para investor mengangkat selera pasar, ketidakpastian perdagangan dan Brexit dan beberapa data Jerman yang berada di bawah par mencegah kenaikan yang lebih besar.

Pan-Eropa Stoxx 600 naik 0,3% ke level tertinggi sejak Mei 2018. DAX Jerman tidak jauh di belakang dan euro berada di $ 1,1140, mengkonsolidasikan kenaikan 2,1% selama bulan Oktober.

Keuntungan di Asia termasuk tertinggi satu tahun untuk Nikkei Tokyo dan melihat indeks MSCI All World, yang melacak hampir 50 negara, mencapai tertinggi sejak akhir Juli.

Mata uang Swedia, crown naik 0,7% setelah bank sentral negara itu mengatakan masih berencana untuk menaikkan suku bunga pada bulan Desember. Keuntungannya menarik nilai tukar mata uang Norwegia lebih tinggi juga, meskipun pesan yang relatif dovish dari Bank Norges karena meninggalkan suku bunga tidak berubah.

Bank sentral Turki diperkirakan akan memangkas suku bunganya 16,5% dengan 100 basis poin, setelah Presiden AS Donald Trump mencabut sanksi terhadap Turki menyusul gencatan senjata di Suriah utara.

Di Wall Street sebelumnya, Dow dan Nasdaq masing-masing menambahkan 0,2% dan S&P 500 naik 0,3%. Saham Tesla melonjak 21% setelah jam perdagangan ditutup dan setelah perusahaan melaporkan laba kuartal ketiga yang tidak terduga.

Microsoft membukukan angka laba dan pendapatan yang melampaui perkiraan setelah bel penutupan bursa, meskipun prospeknya ditekan oleh pengambilan yang lebih lambat dari yang diperkirakan pada layanan cloud Azure-nya.

Saham Boeing Co dan Caterpillar Inc masing-masing berakhir sekitar 1% lebih tinggi meskipun pendapatannya meleset dari perkiraan.

Berita utama yang mengkhawatirkan sejak kuartal pertama tahun 2018 menunjukkan pendapatan Caterpillar yang buruk tampaknya menunjukkan bahwa resesi sudah dekat, kepala ekonom RBC Capital Markets Tom Porcelli mengatakan, tetapi tidak pernah berhasil tiba.

Sterling berhenti di $ 1,2914 setelah naik 0,3% pada hari Rabu. Setelah lebih dari tiga tahun, Inggris tampak lebih dekat dari sebelumnya untuk menyelesaikan teka-teki Brexit tetapi masih memiliki rintangan untuk dihapus.

Negara-negara anggota Uni Eropa pada hari Rabu menunda keputusan apakah akan memberi Inggris perpanjangan Brexit selama tiga bulan. Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan jika batas waktu ditunda hingga akhir Januari, ia akan mengadakan pemilihan.

Pertempuran Brexit tampaknya akan berlarut-larut, pemerintah Inggris tidak akan memenuhi jadwal untuk meninggalkan Uni Eropa pada tanggal 31 Oktober, dan perpanjangan kemungkinan muncul. Sementara itu, ketidakpastian Brexit akan terus membebani investasi dan aktivitas bisnis Inggris.

Euro bergerak datar di $ 1,1132. Yen Jepang 0,1% lebih tinggi pada 108,6 per dolar dan dolar Australia melemah pada $ 0,6842.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here