IHSG Dibuka Naik Pagi Hari Ini Didukung Sektor Pertambangan

430

(Vibiznews – IDX Stocks) – IHSG dibuka naik pagi hari ini ke level 6267.68, demikian juga dengan indeks LQ45, menguat ke level 993.66. Kenaikan IHSG didukung oleh penguatan enam sektor yang dipimpin oleh sektor pertambangan yang naik 0.64% kemudian disusul oleh sektor aneka industri yang menguat 0.54% lalu sektor infrastruktur yang naik 0.22%.

Bursa-bursa saham di Asia melanjutkan penguatannya pagi hari ini, indeks Nikkei225 dari Jepang naik 0.52% dan indeks Hangseng menguat 0.14%. Demikian juga dengan indeks Taiex, menguat 0.40% dan Kospi naik tipis 0.09% namun indeks Shanghai turun 0.27%.

Selain kabar negosiasi dagang antara AS dan China, pasar juga sedang mencermati rapat Federal Open Market Committee yang dimulai hari ini hingga besok. Beberapa partisipan The Fed mengkin melihat pemangkasan Oktober akan menjadi pemangkasan terakhir untuk tahun 2019 ini.

Harga emas Antam pagi hari ini bergerak turun pagi hari ini, menjadi Rp.755.000 per gram, turun Rp.5000 dibandingkan harga penutupan kemarin.

Untuk nilai tukar rupiah, melemah tipis menjadi Rp.14029 per dolar AS dibandingkan posisi kemarin di Rp.14028 per dolar AS. Pergerakan rupiah cenderung lebih stabil sejak kemarin.

Kwon Ahmin, global strategist NH Investment & Securities mengatakan bahwa penguatan rupiah sebelumnya dipicu oleh pelemahan dolar dan kemajuan negosiasi dagang AS-China. Tapi penguatan rupiah hanya jangka pendek karena indikator ekonomi Indonesia masih lemah dan Bank Indonesia kemungkinan masih melanjutkan pelonggaran.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here