Produksi Etanol Meningkat Memicu Kenaikan Harga Jagung

326

(Vibiznews – Commodity) – Harga jagung naik pada hari Rabu kemarin karena  laporan EIA menyatakan  bahwa produksi etanol meningkat.

Harga  jagung  Desember  di CBOT ditutup naik 4.5 sen menjadi $3.9075 per bushel.

Laporan  EIA produksi etanol sampai 25 Oktober diatas 1 juta barel sehari. Produksi harian naik 8,000 bpd pada 18 Oktober dan sehingga produk  empat minggu rata-rata naik 11,500 bpd menjadi 983,500.

Persediaan etanol  sebesar 21,099 barel, turun di semua negara bagian sampai 18 Oktober.  Persediaan etanol di Midwest naik 4,000 barel.

Taiwan melakukan tender sebesar 65,000 MT untuk pengiriman Januari 2020, yang sumbernya dari Brazil dengan premium US.  Penawaran  ekspor Argentina  sementara terhenti karena adanya pajak ekspor  dari  rejim setelah  terpilihnya Fernandez.

Panen dari Jagung tertunda akibat turunnya hujan dan salju di daerah perkebunan, dan diharapkan akan berlangsung pada minggu depan. Petani sedang konsentrasi untuk panen kedelai dan ada beberapa sudah panen jagung. Beberapa petani masih menunggu sampai kering untuk melakukan panen. Kondisi panen sangat bervariasi karena pada minggu lalu dan curah hujan yang banyak di daerah Midwest. Hujan dan salju masih akan turun pada minggu depan.

Permintaan ekspor jagung masih buruk, tetapi permintaan etanol naik karena harga minyak mentah sudah kembali menguat.

Analisa tehnikal dengan support di $3.82 dan berikut ke $3.77 sedangkan resistant pertama di $3.92 dan berikut ke $3.97.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here