Alphabet Berencana Membeli Fitbit; Siap Head to Head Dengan Apple

1738

(Vibiznews – Economy & Business) Perusahaan induk Google, Alphabet akan membeli Fitbit, menurut pengumuman Jumat (01/11), menempatkan raksasa teknologi head-to-head dengan Apple di ruang pelacakan kebugaran. Nilai kesepakatan Fitbit sekitar $ 2,1 miliar.

Pada hari Senin, saham Fitbit melonjak lebih dari 30% di tengah berita bahwa Alphabet telah mengajukan penawaran untuk mengakuisisi pembuat jam tangan pintar. Pada penutupan Senin, kapitalisasi pasar Fitbit mencapai $ 1,5 miliar, naik $ 340 juta dari hari perdagangan sebelumnya.

Pada akhir 2018, Apple memiliki sekitar setengah dari pasar smartwatch global pada tahun 2018 dalam hal unit yang dikirimkan, menurut Strategy Analytics. Google saat ini melisensikan sistem operasi Wear-nya kepada perusahaan seperti Fossil tetapi tidak membuat jam tangan pintar sendiri.

Setelah pengumuman tersebut, kepala perangkat keras Google Rick Osterloh merilis sebuah posting blog yang menjelaskan bagaimana akuisisi tersebut dapat membantu Google meningkatkan ambisinya untuk Wear OS.

“Dengan bekerja sama dengan tim ahli Fitbit, dan menyatukan AI, perangkat lunak, dan perangkat keras terbaik, kami dapat membantu memacu inovasi dalam perangkat yang dapat dikenakan dan membangun produk untuk memberi manfaat lebih banyak lagi bagi orang di seluruh dunia,” kata Osterloh seperti yang dilansir CNBC. “Google juga tetap berkomitmen untuk Wear OS dan mitra ekosistem kami, dan kami berencana untuk bekerja sama dengan Fitbit untuk menggabungkan yang terbaik dari platform jam tangan pintar dan pelacak kebugaran kami.”

Membeli Fitbit dapat membantu Google memperluas strategi perangkat keras “komputasi ambient”, di mana perusahaan bertujuan untuk menjadi bagian dari kehidupan pengguna di mana pun mereka berada. Perusahaan telah mengisyaratkan ambisi kesehatan dan perangkat kerasnya dengan memperkenalkan beberapa produk baru pada bulan Oktober, termasuk smartphone Pixel 4 baru, dan mempekerjakan mantan CEO Geisinger Health David Feinberg tahun lalu untuk mengkonsolidasikan strategi perawatan kesehatannya.

Fitbit telah mengalami hambatan saat smartwatch populer Apple tumbuh. Fitbit menurunkan panduannya untuk tahun ini dalam rilis pendapatan Juli, mengutip penjualan jam tangan baru yang lebih lemah dari perkiraan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here