Harga Kedelai Naik, Ekspor Kedelai Meningkat

353

(Vibiznews- Commodity ) – Harga  kedelai  dan harga minyak kedelai  naik pada penutupan pasar  hari Senin ,  sedangkan harga soy meal  turun.

Harga kedelai  Januari  di CBOT naik  1.25 sen menjadi $9.38 per bushel. Harga soy meal turun $1.50 menjadi $302.40 dan harga minyak kedelai naik 84 point.

Daerah-daerah  perkebunan hampir semua kering  pada akhir minggu sehingga mempercepat  proses  panen yang selama ini lambat dan tidak jalan. Laporan dari USDA progress panen sudah 75% selesai, termasuk dalam  range perkiraan panen yang selesai  antara 71-80%.

Laporan dari USDA mengatakan dengan cuaca yang kering saat ini  petani sedang focus untuk melakukan panen kedelai pada minggu lalu dan panen jagung masih menunggu setelah panen kedelai selesai.

Laporan Ekspor mingguan USDA   pengiriman kedelai  sebesar  1.480 MMT sampai 31 Oktober naik 234,770 MT dari tahun lalu. Ekspor kedelai pada tahun ini sebesar 9.552 MMT sampai hari Senin.  USDA memperkirakan untuk 2020 area yang ditanami sebesar 84 juta.

Kenaikan harga kedelai  karena pembicaraan antara AS dan Cina dalam proses yang baik tinggal menunggu penandatanganan. Tahap berikut diperkirakan  tidak akan semulus tahap pertama karena pihak AS ada beberapa  hal yang perlu dipertimbangkan kelanjutannya, namun Cina sudah melakukan pembebasan tariff  sudah membeli produk pertanian dari AS sesuai dengan jumlah yang disepakati.

Pasar juga  melihat cuaca di Amerika Selatan dimana cuaca kering di pusat dan selatan Brazil membuat proses penanaman kedelai tertunda dan petani menunggu sampai turun hujan sehingga dapat melanjutkan penanaman.

Analisa tehnikal untuk kedelai support pertama di $9.30 dan berikut $9.25 sedangkan resistant di $9.40 dan berikut $9.45.

Loni   T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here