Pan European Stoxx 600 Naik Dipimpin Lompatan Saham Swiss Dufry

339

(Vibiznews – Index) – Pan-European Stoxx 600 naik 0,15% tak lama setelah tengah hari di London, dengan sektor sumber daya dasar melonjak 1,7% sementara saham utilitas turun 0,5% untuk memimpin kerugian.

Saham Asia naik selama sesi Selasa, menyusul rekor penutupan untuk saham di Wall Street pada hari Senin. Saham Jepang memimpin kenaikan regional, dengan Nikkei menambahkan 1,8% selama transaksi sore.

Pemimpin China Xi Jinping, menyampaikan pidato di China International Import Expo pada hari Selasa, menyerukan ketegangan internasional untuk diselesaikan melalui diskusi, mendesak penghapusan hambatan perdagangan global.

Meskipun ia tidak secara khusus menyebutkan A.S., pernyataannya muncul setelah Reuters melaporkan bahwa China mendorong Washington untuk menghapus lebih banyak tarif sebagai bagian dari perjanjian perdagangan “fase satu” antara dua ekonomi terbesar dunia.

Survei pada hari Selasa menunjukkan bahwa sektor jasa China merosot ke level terendah delapan bulan pada Oktober, sementara kepercayaan bisnis turun ke level terendah 15-bulan, menurut Reuters.

Mata uang yuan China melonjak melewati angka simbol 7 per dolar untuk pertama kalinya sejak Agustus karena investor semakin optimis tentang prospek kesepakatan perdagangan.

Kembali di Eropa, ekonomi AS membuat awal yang rapuh ke kuartal keempat pada hari Selasa karena data PMI jasa (indeks manajer pembelian) naik tipis menjadi 50,0 pada Oktober dari 49,5 pada September. Skor 50,0 mewakili pertumbuhan nol. PMI semua sektor, yang juga menangkap manufaktur dan konstruksi, tetap di bawah 50 untuk bulan ketiga berturut-turut.

Data baru yang diterbitkan oleh British Retail Consortium (BRC) pada hari Selasa menunjukkan bahwa pengeluaran konsumen di AS melihat peningkatan tahun-ke-tahun terkuat pada Oktober selama enam bulan. Namun, organisasi tersebut memperingatkan bahwa pertumbuhan penjualan selama periode 12 bulan turun ke level terendah baru 0,1%.

Kepala eksekutif BRC mengatakan kepada Reuters bahwa Brexit dan ketidakpastian baru yang timbul dari pemilihan umum yang menjulang di Inggris menciptakan lingkungan yang sulit bagi pengecer.

Dalam hal saham individu, pendapatan tetap menjadi fokus karena saham Pandora anjlok 15,3% setelah toko perhiasan Denmark itu berayun ke kerugian bersih yang tidak terduga pada kuartal ketiga dan memangkas panduan pendapatannya, terpukul oleh permintaan konsumen yang lemah dan kekacauan politik di Hong Kong.

Saham Siemens Gamesa anjlok 9% setelah perusahaan energi angin itu memotong pedoman 2020 dan menunda target profitabilitasnya selama dua tahun.

Pengecer perjalanan Swiss Dufry melompat ke kenaikan 6,8% untuk memimpin Stoxx 600 setelah mengalahkan ekspektasi laba kuartal ketiga.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here