Mata Uang Safe Haven Dirugikan Optimisme Dagang AS-China

414

(Vibiznews – Forex) Mata uang safe haven Yen Jepang dan Franc Swiss turun pada Selasa, karena tumbuhnya optimisne kesepakatan perdagangan AS-China yang mendorong investor untuk mencari mata uang dengan imbal hasil lebih tinggi.

Di sisi lain, mata uang yang berorientasi perdagangan termasuk dolar Australia melonjak, dengan mata uang China naik ke level tertinggi tiga bulan terhadap dolar AS.

Sebuah keputusan oleh bank sentral China untuk memangkas suku bunga pinjaman Tiongkok mendorong Presiden AS Donald Trump untuk menghapus lebih banyak tarif yang diberlakukan pada bulan September sebagai bagian dari kesepakatan “fase satu” perdagangan AS-Cina, yang diharapkan akan ditandatangani akhir bulan ini, orang-orang akrab dengan negosiasi mengatakan, seperti yang dilansir CNBC.

Dalam perdagangan kemarin, dolar AS naik 0,3% terhadap yen menjadi 108,94 yen, dan naik 0,4% versus franc Swiss di 0,9918. Yen dan franc Swiss cenderung menguat pada saat ketegangan geopolitik dan tekanan finansial.

Keuntungan terhadap yen dan franc Swiss mendorong indeks dolar naik 0,3% menjadi 97,774. Yuan diperdagangkan di pasar offshore melonjak ke level terkuat sejak 5 Agustus di 6.9838. Yuan juga mencatatkan penutupan terkuat sejak 2 Agustus.

Optimisme tumbuh ke mata uang lainnya, dengan dolar Australia mendekati tertinggi tiga bulan terakhir dan tertinggi terhadap yen sejak akhir Juli. Itu tidak banyak bergerak setelah bank sentral membiarkan kebijakan moneter tidak berubah, seperti yang diperkirakan.

Dolar Selandia Baru naik 0,3%. Namun Euro turun 0,4% terhadap dolar pada $ 1,1091.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan mata uang safe haven seperti Yen Jepang dan Franc Swiss akan melemah jika optimisme dagang AS-China terus berlanjut, dan sebaliknya dolar AS dan dolar Australia akan menguat. Karena dolar AS kuat, maka mata uang saingan lainnya seperti Euro dan Poundsterling ikut tertekan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here