China Nyatakan Sepakat Dengan AS Batalkan Tarif

337

(Vibiznews – Economy & Business) Kementerian Perdagangan mengatakan Kamis (07/11) bahwa  Beijing telah sepakat dengan Washington untuk membatalkan tarif perdagangan yang ada antara kedua negara secara bertahap.

Gao Feng, juru bicara Kementerian Perdagangan China, mengatakan bahwa kedua belah pihak telah sepakat untuk secara bersamaan membatalkan beberapa tarif yang ada pada barang satu sama lain.

Juru bicara kementerian mengatakan bahwa kedua belah pihak lebih dekat dengan apa yang disebut perjanjian perdagangan fase satu setelah negosiasi konstruktif selama dua minggu terakhir.

Satu syarat penting untuk perjanjian perdagangan terbatas, Feng bersikeras, adalah bahwa AS dan China harus menghapus jumlah biaya yang sama pada saat yang sama.

Pelaku pasar mengharapkan kedua raksasa ekonomi itu menandatangani kesepakatan akhir bulan ini, setelah Washington dan Beijing berbicara tentang kemajuan dalam pembicaraan akhir pekan lalu.

Namun, Reuters melaporkan pada hari Rabu bahwa pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping dapat ditunda hingga Desember

Dua negara ekonomi terbesar di dunia telah memberlakukan tarif barang-barang satu sama lain bernilai miliaran dolar sejak awal 2018, menghancurkan pasar keuangan dan memburuknya sentimen bisnis dan konsumen.

Pemerintahan Trump telah memberikan tekanan yang meningkat pada Beijing untuk mengekang subsidi besar-besaran kepada perusahaan-perusahaan milik negara dan menghentikan pemindahan paksa teknologi Amerika ke perusahaan-perusahaan China.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here