Komisi Eropa Pangkas Perkiraan Pertumbuhan Ekonomi Zona Eropa

232

(Vibiznews – Economy & Business) Uni Eropa memangkas perkiraan pertumbuhan untuk zona Eropa pada Kamis (07/11), mengatakan ketegangan perdagangan global akan membebani kawasan dan membatasi ekspansi ekonomi.

Peringatan dari badan eksekutif Uni Eropa, Komisi Eropa, datang pada saat Bank Sentral Eropa (ECB) telah memulai putaran baru stimulus untuk menopang pertumbuhan yang rapuh.

“Fakta bahwa pertumbuhan tidak lagi diharapkan untuk pulih secara berarti dalam dua tahun ke depan adalah perubahan besar dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya dan didasarkan pada penilaian bahwa banyak fitur dari perlambatan global akan bertahan,” Komisi Eropa mengatakan pada hari Kamis dalam Laporan Prakiraan Ekonomi Musim Gugur.

“Yang paling penting, lonjakan dalam ketegangan perdagangan dan tingginya ketidakpastian tentang kebijakan perdagangan kemungkinan besar telah menyebabkan kerusakan abadi pada perdagangan dunia,” tambah Komisi.

Ketidakpastian seputar perdagangan meliputi: Hubungan di masa depan antara Inggris dan Uni Eropa karena keduanya perlu menetapkan aturan perdagangan baru pasca-Brexit; preferensi konsumen baru dalam industri mobil dan volatilitas dalam perdagangan AS-China.

Akibatnya, Komisi memangkas perkiraan ekonominya untuk zona Eropa pada 2019 dan 2020. Wilayah beranggotakan 19 negara itu kini akan tumbuh pada kecepatan 1,1% tahun ini dan 1,2% pada 2020. Dalam perkiraan sebelumnya, keluar pada Mei, Komisi Eropa memperkirakan tingkat pertumbuhan 1,2% untuk zona Eropa pada 2019 dan 1,5% untuk 2020.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here