Ekspor dan Impor Oktober China Negatif, Namun Masih Diatas Perkiraan

601

(Vibiznews – Economy & Business) Ekspor dan impor China menurun pada Oktober, mengutip data dari bea cukai negara yang dirilis pada hari Jumat (08/11).

Dalam dolar, ekspor turun 0,9% sementara impor turun 6,4% dari tahun lalu di bulan Oktober, tetapi mengalahkan perkiraan para analis.

Neraca perdagangan untuk Oktober adalah $ 42,81 miliar, dibandingkan dengan perkiraan analis $ 40,83 miliar.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan ekspor Oktober turun 3,9% dan impor turun 8,9% dari tahun sebelumnya.

Pada bulan September, ekspor Cina turun 3,2% dari tahun lalu, sementara impor turun 8,5% selama periode yang sama.

Ekonomi Cina – terbesar kedua di dunia – tumbuh lebih lambat di tengah pertempuran perdagangan yang berlarut-larut antara Beijing dan Washington.

Pada hari Kamis, Menteri Perdagangan China mengatakan bahwa Beijing telah sepakat dengan Washington untuk menaikkan tarif perdagangan yang ada antara kedua negara secara bertahap.

Pelaku pasar mengharapkan kedua raksasa ekonomi itu menandatangani kesepakatan akhir bulan ini, setelah Washington dan Beijing berbicara tentang kemajuan dalam pembicaraan akhir pekan lalu.

Namun, Reuters melaporkan pada hari Rabu bahwa pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping dapat ditunda hingga Desember – menunda kesempatan bagi kedua pemimpin untuk menandatangani kesepakatan perdagangan sementara.

Dua negara ekonomi terbesar di dunia telah memberlakukan tarif barang-barang satu sama lain bernilai miliaran dolar sejak awal 2018, menghancurkan pasar keuangan dan memburuknya sentimen bisnis dan konsumen.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here