Pasar Eropa Dibuka Sedikit Lebih Rendah, Tunggu Kejelasan Arah Perang Dagang AS-China

316

(Vibiznews – Index) – Pasar Eropa dibuka sedikit lebih rendah pada Jumat pagi, karena investor memantau perkembangan terbaru dalam perang perdagangan China-AS yang sedang berlangsung.

Pan-Eropa Stoxx 600 turun sekitar 0,3% tak lama setelah bel pembukaan, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah negatif.

Kementerian Perdagangan China mengatakan pada hari Kamis bahwa AS dan China telah sepakat untuk menaikkan tarif yang dikenakan satu sama lain selama konflik perdagangan mereka secara bertahap.

Data dari bea cukai Tiongkok pada hari Jumat menunjukkan ekspor negara sampai dengan bulan Oktober turun 0,9% YoY, sedangkan impor turun 6,4%, menurut Reuters. Angka-angka yang dilaporkan tersebut mengalahkan ekspektasi analis.

Saham Asia naik tipis pada hari Jumat, dengan indeks MSCI untuk saham Asia-Pasifik tidak termasuk Jepang turun 0,5%. Indeks Straits Times Singapura memimpin kerugian regional, sementara Nikkei Jepang naik sekitar 0,2%.

Kembali ke pasar Eropa, menteri keuangan dari negara-negara anggota UE akan berkumpul di Brussels pada hari Jumat untuk pertemuan Dewan Ecofin.

Dalam berita perusahaan, Allianz membukukan laba operasional sembilan bulan sebesar 9,1 miliar euro pada hari Jumat, kenaikan tahun ke tahun sebesar 4,2%.

Di tempat lain, data neraca perdagangan untuk Jerman dan Perancis dijadwalkan akan diterbitkan pagi ini.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here