Harga Kedelai Turun Di Akhir Minggu

457

(Vibiznews – Commodity ) – Harga kedelai turun pada hari Jumat karena laporan penawaran dan permintaan tidak sesuai dengan yang diperkirakan.

Harga kedelai  Januari di CBOT turun 5.5 sen menjadi $9.31 per bushel. Harga Soybean meal ditutup turun  70 sen menjadi $303 dan harga minyak kedelai naik 47 sen.

Laporan panen per area  dari NASS perkiraan panen kedelai sebesar 46.9 bpa, padahal para analis lain memperkirakan  turunnya sedikit. Panen  per area pertanian untuk 2019/20 sebesar 75.626 yang sama dengan perkiraan.

Laporan USDA perkiraan untuk bulan Nopember disamakan dengan produksi pada bulan Oktober per area sebesar 46.9 bpa sehingga total produksi 3.55 milyar bushel, padahal kondisi cuaca sedang ada badai musim dingin dan cuaca dingin dan beku terjadi di berbagai tempat dan sudah menyebar di bulan Oktober.  Persediaan akhir 475 juta bushel sedangkan rata-rata sebesar 432 juta bushel. Dengan produksi  sejumlah ini akan membuat perkiraan persediaan lokal menjadi turun  ke range 380/400 juta. Kedelai dunia masih diatas perkiraan  2,2 M MT  dari bulan lalu menjadi 95.42 MMT.

Penjualan ekspor ke pribadi sebesar 270,000 MT dilaporkan pagi hari  Jumat ke negara yang tidak diketahui. Dan pengiriman untuk 2019/20.

Laporan ekspor mingguan untuk kedelai meningkat dan hampir setengahnya dikirim ke Cina. Negara tujuan lainnya adalah Mexico dan Belanda. Pembelian berikut diikuti oleh pembelian 136 K metric ton dari Cina dan 133 K untuk soybean meal dari  Philipina.

Laporan mingguan USDA menunjukkan bahwa petani sedang focus pada panen kedelai pada minggu lalu dibandingkan dengan panen jagung karena petani berharap panen kedelai selesai sebelum salju turun, karena akan lebih sulit.

Pasar masih terus memperhatikan cuaca di Amerika Selatan, masih terlalu kering di pusat dan selatan Brazil sehingga penanaman kedelai menjadi tertunda. Adanya ramalan cuaca yang mengatakan bahwa akan turun hujan pada beberapa minggu ke depan, tapi setelah beberapa hari berlalu hujan belum juga turun.

Analisa tehnikal untuk kedelai dengan support pertama di $9.25 dan berikut ke $9.22 sedangkan resistant pertama di $9.42 dan berikut ke $9.45.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here