Harga Kakao Naik ke Tertinggi Tiga Minggu

175

(Vibiznews – Commodity) – Harga kakao Desember naik ke tertinggi tiga minggu karena persediaan sedikit di Ivory Coast.

Harga  kakao Desember di ICE New York ditutup naik $30 menjadi $2,533  dan  Harga kakao ICE London naik 1.04%.

Harga kakao rally untuk hari kedua hari Senin dan mencapai tiga minggu tertinggi karena persediaan kakao di Ivory Coast kecil.

Data hari Senin memperlihatkan bahwa petani di Ivory Coast mengirim 84,044 MT  ke pelabuhan selama 4 – 10 Nopember turun 3.8% dari tahun lalu, walaupun total penerimaan sejak 1 Oktober naik 6 % dari tahun lalu menjadi 444,097 MT.

Data yang dapat menurunkan harga  adalah persediaan dari Ghana. Laporan dari Ghana Cocoa Board hari Kamis menunjukan pembelian dari petani sebesar 128,514 MT dari 1 -31 Oktober naik 7.2% dari tahun lalu pada periode yang sama menandakan penguatan produksi kakao

Panen berlangsung dengan baik di Afrika Barat  dengan jumlah dan kualitas sesuai dengan perkiraan. Cuaca di Ivory Coast sudah turun hujan dengan kelembaban yang kecil maka wabah jamur tidak terjadi.   Kondisi kering di Afrika Barat dengan hujan yang sedikit. Suhu diatas normal. Di Malaysia dan Indonesia turun hujan dan suhu diatas normal. Brazil  cuacanya kering  dan suhu diatas normal.

Hasil monitoring ICE persediaan kakao  trendnya turun  selama lima bulan terakhir dan dilaporkan  mencapai terendah 2 ¾ tahun ke 3.282 juta kantong hari Jumat

Analisa tehnikal dengan support pertama $2,410 dan $2,390 sedangkan resistant pertama di $2,450 dan $2,510.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here