Kinerja Emiten Angkat Nikke225 Jepang, Naik Harian Terbesar Sejak 5 November

218
Pedestrians walk in front of an electronics stocks indicator displaying share prices of the Tokyo Stock Exchange in Tokyo on October 20, 2017. Tokyo's benchmark stock index closed higher October 20, posting its longest winning streak in nearly six decades, while Nissan dropped on a production suspension. / AFP PHOTO / Kazuhiro NOGI

(Vibiznews – Index) – Saham Jepang naik pada hari Selasa paling banyak dalam seminggu di tengah harapan bahwa pelemahan yen akan mendukung pendapatan eksportir utama negara itu.

Indeks Nikkei berakhir naik 0,81% pada 23.520,01 poin, kenaikan harian terbesar sejak 5 November.

Saham-saham Jepang awalnya dimulai dengan langkah lambat di tengah ketidakpastian atas kemajuan pembicaraan perdagangan AS-China dan eskalasi kekerasan di Hong Kong, tetapi saham lokal secara bertahap menyingkirkan kekhawatiran ini.

Yen diperdagangkan mendekati level terendah lima bulan terhadap dolar, yang cenderung menguntungkan eksportir karena mata uang yang lebih lemah membantu daya saing ekspor dan meningkatkan pendapatan yang dipulangkan dari luar negeri.

“Pelemahan yen mendukung beberapa saham di Nikkei yang mengekspor banyak barang,” kata Kiyoshi Ishigane, kepala fund manager di Mitsubishi UFJ Kokusai Asset Management Co di Tokyo.

“Amerika Serikat dan China berada dalam kebuntuan, dan situasi di Hong Kong tidak baik. Namun, ekonomi AS membaik, dan ini lebih penting bagi Jepang. “

Sektor barang-barang konsumen adalah pemenang terbesar pada hari Selasa karena saham pembuat elektronik Sony Corp naik 1,26%. Sektor teknologi adalah pemenang terbesar kedua, dipimpin oleh peningkatan 3,5% dalam saham pembuat peralatan chip, Advantest Corp.

Ada 156 kemajuan pada indeks Nikkei terhadap 65 decliners pada hari Selasa.

Persentase terbesar yang diraih adalah perusahaan pembiayaan konsumen Credit Saison Co Ltd, naik 7,77%, diikuti oleh pembuat tekstil Unitika Ltd naik 6,37% dan perusahaan konstruksi Obayashi Corp naik 5,95%.

Persentase kehilangan terbesar adalah Mitsui Mining dan Smelting Co Ltd, turun 13,2%, diikuti oleh operator bank komersial Concordia Financial Group Ltd kehilangan 3,4% dan pembuat makanan olahan Ajinomoto Co Inc turun 3,28%.

Beberapa pedagang berhati-hati sebelum pidato Presiden AS Donald Trump ke Economic Club of New York di kemudian hari, yang dapat memberikan lebih banyak petunjuk tentang pembicaraan perdagangan China-AS.

Indeks Topix membalikkan kerugian awal dengan berakhir naik 0,33% pada 1.709,67.

Volume saham yang diperdagangkan di dewan utama Tokyo Stock Exchange adalah 1,26 miliar yen ($ 11,55 juta), dibandingkan dengan rata-rata 1,25 miliar yen dalam 30 hari terakhir.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here