Optimisme Ekonomi di Jerman dan Zona Eropa Meningkat

249

(Vibiznews – Economy & Business) Sebuah survei bulanan yang diterbitkan Selasa (12/11) oleh lembaga penelitian ekonomi Jerman menunjukkan bahwa sentimen ekonomi, baik untuk Jerman dan zona Eropa, telah meningkat secara substansial pada bulan November.

Pusat Leibniz untuk Penelitian Ekonomi Eropa di Mannheim (ZEW) mengatakan bahwa survei terbarunya menunjukkan Indikator ZEW tentang Sentimen Ekonomi untuk Jerman naik 20,7 poin dari bulan sebelumnya menjadi minus 2,1 poin pada November.

Indikator telah berada di wilayah negatif sejak Mei 2019, dan merosot ke di bawah minus 40 poin pada Agustus, data ZEW menunjukkan.

Untuk survei November, indikator untuk situasi ekonomi di Jerman juga sedikit meningkat, naik 0,6 poin menjadi minus 24,7 poin.

“Ada harapan yang tumbuh bahwa lingkungan kebijakan ekonomi internasional akan membaik dalam waktu dekat, yang menjelaskan kenaikan tajam dalam Indikator Sentimen Ekonomi ZEW pada bulan November,” jelas Presiden ZEW Achim Wambach.

Wambach mengutip beberapa faktor positif, termasuk meningkatnya peluang untuk kesepakatan antara Inggris Raya dan Uni Eropa. Tarif hukuman impor mobil dari UE ke Amerika Serikat lebih kecil kemungkinannya dari proyeksi beberapa minggu lalu, katanya.

Survei Pasar Keuangan ZEW dilakukan di antara 200 analis dan investor institusi. Sentimen peserta mengenai perkembangan ekonomi zona Eropa juga meningkat pesat, berdiri di minus 1,0 poin untuk November, 22,5 poin lebih tinggi dari pada bulan sebelumnya.

Indikator untuk situasi ekonomi saat ini di zona euro naik 6,8 poin menjadi minus 19,6 poin.

Survei juga menunjukkan indikator mengenai ekspektasi untuk suku bunga jangka pendek naik 13,4 poin menjadi minus 11,7 poin, meskipun sebanyak 84,1 persen peserta survei memperkirakan suku bunga tetap tidak berubah selama enam bulan ke depan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here