Pasar Dunia Beringsut Lebih Tinggi, Tunggu Pidato Trump

204

(Vibiznews – Index) – Saham dunia beringsut lebih tinggi pada hari Selasa karena investor menunggu pidato Presiden Donald Trump mengenai kebijakan perdagangan A.S. dan di tengah berita ia kemungkinan akan menunda keputusan mengenai tarif mobil Eropa.

Pasar obligasi juga tampak semakin yakin resesi akan terhindarkan karena pejabat UE mengatakan Trump diperkirakan akan mengumumkan minggu ini bahwa ia menunda keputusan tarif mobil dan suku cadang UE untuk enam bulan ke depan.

Berita itu meningkatkan ekspektasi tentang pidato Trump di kemudian hari dan untuk beberapa resolusi untuk perang dagang jangka panjang pemerintahannya dengan China.

Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,2% lebih tinggi, kembali ke level tertinggi 4 tahun dibantu oleh saham pembuat chip optimis. Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang telah naik 0,5%, setelah mundur tajam 1,2% pada hari Senin.

Nikkei Jepang, yang ragu-ragu di kedua sisi flat hampir sepanjang hari, berakhir 0,8% lebih tinggi. Tapi blue chips Shanghai turun 0,2% setelah pertumbuhan pinjaman bank di bawah perkiraan analis, sementara saham Australia juga turun.

Sinyal positif pada perdagangan AS-Tiongkok kemungkinan akan memuaskan para pedagang bahkan tanpa rincian spesifik, kata pemimpin investasi Rob Marshall-Lee untuk Pasar Berkembang dan Ekuitas Asia di Newton Investment Management.

Investor juga cemas tentang situasi di Hong Kong setelah eskalasi kekerasan meningkatkan resiko sebesar 3% dari Hang Seng dan hampir 2% dari bank-bank Asia, HSBC dan StanChart dalam beberapa hari terakhir.

Pemimpin yang diperangi Hong Kong Carrie Lam pada hari Selasa mengatakan para pengunjuk rasa yang mencoba untuk “melumpuhkan” kota itu sangat egois dan berharap semua universitas dan sekolah akan mendesak siswa untuk tidak berpartisipasi dalam kekerasan.

Lam berbicara sehari setelah polisi menembak seorang pengunjuk rasa dan seorang pria dibakar dalam beberapa adegan paling dramatis untuk mencengkeram kota selama lebih dari lima bulan kerusuhan sipil. Hang Seng berhasil mengembalikan 0,5% pada hari ini.

Liburan parsial di Amerika Serikat telah menutup pasar Treasury pada hari Senin tetapi ada tonggak awal pada hari Selasa dengan kesenjangan antara imbal hasil jangka pendek 3-bulan dan jangka-panjang 10-tahun yang menyentuh level terluas tahun sejauh ini.

Pelebaran itu, atau menajamnya ‘kurva’ seperti yang juga diketahui, menambah tanda-tanda bahwa kepercayaan pada ekonomi global akan meningkat lagi setelah kekhawatiran akan menuju resesi.

Imbal hasil Treasury pada catatan 10-tahun sedikit lebih tinggi di 1,9350% setelah turun dari posisi tertinggi tiga bulan minggu lalu di 1,97%. Hasil Eropa juga sedikit lebih tinggi.

Wall Street futures untuk S&P 500 naik tipis 0,1%. Libur parsial hari Senin telah dibuat untuk sesi yang tenang setelah rekor tertinggi minggu lalu. Dow berakhir naik 0,04%, sementara S&P 500 kehilangan 0,20% dan Nasdaq 0,13%.

Di pasar mata uang, penggerak utama adalah sterling yang kembali menguat setelah melonjak pada hari Senin setelah Partai Brexit mengatakan tidak akan bersaing dimana sebelumnya Konservatif memegang kursi dalam pemilihan terakhir Inggris.

Pounds telah melonjak ke level tertinggi 6 bulan terhadap euro dan sebanyak 1% pada dolar tetapi merosot sekitar 0,3% menjadi 0,86 per euro dan $ 1,2823 ketika pemimpin Partai Brexit Nigel Farage kemudian mengatakan pada hari Selasa bahwa ia tidak akan memberikan alasan lagi.

Terhadap sekeranjang mata uang, dolar stabil di 98.224. Euro melayang di sekitar $ 1,1030 hanya jauh dari level terendah tiga minggu di $ 1,1015, sementara dolar memudar menjadi 109,26 yen.

Emas tampak menuju penurunan hari ketiga, menyentuh level terendah sejak awal Agustus di $ 1,447.89 per ounce, sebelumnya perdagangan terakhir di $ 1,453.01.

Minyak mentah AS naik 28 sen menjadi $ 57,14 per barel, sementara minyak mentah Brent berjangka naik 35 sen menjadi $ 62,53.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here