Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 13 November 2019

524

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak turun sedikit pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Selasa kemarin. Kenaikan metal berharga sedang mencoba menstabilkan pasar mereka setelah tekanan jual yang kuat belakangan ini menggerakkan harga ke 3 bulan kerendahan.

Emas berjangka bulan Desember terakhir turun $3.10 per ons pada $1,454.20. Harga perak Comex bulan Desember terakhir turun $0.002 pada $16.80 per ons.

Tidak ada perkembangan baru di medan perang dagang AS-Cina beberapa hari belakangan. Namun Presiden Trump akan memberikan pidato kepada New York Economic Club yang kemungkinan akan memberikan suatu pandangan baru atas niat Trump atas persoalan ini. Trump pada hari Jumat minggu lalu menyuarakan hal yang sedikit tidak bagus atas perdagangan AS-Cina, mengatakan pembicaraan berlangsung dengan sangat baik namun menambahkan bahwa Amerika Serikat tidak akan memundurkan semua tarif impor atas produk-produk Cina. Pada akhir minggu Trump mengatakan bahwa Cina memerlukan kesepakatan perdagangan diselesaikan lebih daripada Amerika Serikat memerlukannya.

Indeks saham Asia dan Eropa kebanyakan naik dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah sedikit naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Keengganan terhadap resiko di pasar dunia tetap rendah.

Keresahan masyarakat di Hong Kong mengalami eskalasi hari-hari belakangan ini. Sebagian laporan mengatakan kota Hong Kong sekarang sedang berada pada tepi penutupan. Satu protester ditembak oleh polisi dan yang lain dibakar oleh para protester. Situasi ini bisa menyala menjadi event geopolitik utama dengan sangat cepat jika Cina daratan lebih terlibat di dalam soal ini.

Penurunan harga emas secara keseluruhan memiliki keuntungan tehnikal jangka pendek. Obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,400.00 setelah terlebih dahulu melewati $1,448.90 dan kemudian $1,440.00.  Sedangkan obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance”yang solid di $1.500.00 setelah terlebih dahulu melewati $1,467.40 dan kemudian $1,475.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here