Harga Minyak Naik Terdukung Sentimen Penurunan Pasokan dan Produksi

547

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak naik pada hari Kamis (14/11) setelah penurunan yang mengejutkan dalam persediaan minyak mentah AS, juga dukungan datang dari pernyataan pejabat OPEC tentang pertumbuhan produksi serpih AS yang lebih rendah dari perkiraan pada tahun 2020.

Namun harga dibatasi oleh tanda-tanda beragam untuk permintaan minyak di Cina sebagai importir minyak mentah terbesar di dunia, dimana produksi industri Oktober kurang dari yang diharapkan, tetapi kilang minyak bulan lalu naik 9,2% dari tahun sebelumnya.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS naik 37 sen, atau 0,65%, mencapai $ 57,49.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 44 sen, atau 0,71%, menjadi $ 62,81 per barel.

Sekretaris Jenderal Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) Mohammad Barkindo mengatakan pada hari Rabu bahwa kemungkinan akan ada revisi pasokan ke 2020 terutama dari produksi serpih Amerika Serikat, menambahkan bahwa beberapa perusahaan minyak serpih AS melihat produksi tumbuh hanya sekitar 300.000-400.000 barel per hari (bpd).

Komentar Barkindo sangat kontras dengan perkiraan oleh Energy Information Administration (EIA) A.S. pada hari Rabu bahwa produksi minyak AS akan mencapai rekor baru tahun ini dan selanjutnya.

EIA menaikkan perkiraan untuk produksi minyak AS tahun ini sebesar 30.000 barel per hari menjadi 12,29 juta barel per hari tahun ini, setelah produksi produsen minyak terkemuka dunia itu mencapai rekor 13 juta barel per hari bulan ini.

Produksi minyak AS diperkirakan akan meningkat sebesar 1 juta barel per hari menjadi 13,29 juta barel per hari pada tahun 2020, kata badan tersebut.

American Petroleum Institute melaporkan pada hari Rabu penurunan tak terduga dalam pasokan minyak mentah sebesar 541.000 barel dalam sepekan hingga 8 November, terhadap ekspektasi analis akan kenaikan 1,6 juta barel. Persediaan bensin dan sulingan meningkat, data API menunjukkan.

OPEC dan sekutunya, termasuk Rusia, bertemu pada 5-6 Desember untuk membahas kebijakan produksi dan pembatasan produksi 1,2 juta barel per hari yang telah berlaku sejak Januari dengan tujuan mendukung harga minyak mentah. Pakta ini berlaku hingga Maret 2020.

Barkindo mengatakan pada hari Rabu bahwa masih terlalu dini untuk mengatakan apakah pengurangan produksi lebih lanjut akan diperlukan dan mengatakan OPEC dan sekutunya perlu untuk terus bekerja sama untuk mengatasi ketidakpastian di pasar.

Malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan oleh EIA, yang diindikasikan menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak bergerak naik terdukung penurunan pasokan mingguan AS dan pernyataan Sekjen OPEC untuk penurunan produksi shale AS. Juga jika malam nanti data pasokan mingguan AS oleh EIA terealisir menurun, akan menguatkan harga minyak. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 58,00-$ 58,50, jika turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 57,00-$ 56,50.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here