Ekonomi Hong Kong Negatif Pertama Kali Dalam Satu Dekade

524

(Vibiznews – Economy & Business) Ekonomi Hong Kong negatif 2,9 persen tahun-ke-tahun pada kuartal ketiga 2019, setelah revisi turun 0,4 persen pada periode sebelumnya. Angka ini adalah kontraksi ekonomi tahunan pertama sejak kuartal ketiga 2009, ketika ekonomi menyusut 1,7 persen. Konsumsi swasta turun dan investasi tetap menurun lebih lanjut sementara pengeluaran pemerintah tumbuh lebih cepat.

Konsumsi swasta menyusut 3,5 persen, setelah pertumbuhan 1,3 persen pada kuartal kedua tahun ini; dan investasi tetap turun 16,3 persen, lebih cepat dari 10,8 persen pada periode sebelumnya. Di sisi lain, pengeluaran pemerintah meningkat 5,3 persen, lebih tinggi dari ekspansi 4 persen dalam tiga bulan hingga Juni.

Ekspor barang turun 7 persen, menyusul penurunan 1,1 persen pada Q2 dan impor barang turun 3,8 persen, setelah naik 1,3 persen pada kuartal sebelumnya.

Pada basis triwulanan yang disesuaikan secara musiman, ekonomi diperkirakan akan menyusut 3,2 persen pada kuartal ketiga 2019, menyusul kontraksi 0,5 persen yang direvisi naik pada periode sebelumnya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here