Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 15 November 2019

261

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak naik pada pertengahan perdagangan sesi Amerika Serikat. Keengganan terhadap resiko dari para trader dan investor naik dengan berjalannya waktu ke akhir minggu dan hal ini memberikan keuntungan bagi metal “safe-haven”. Para trader berjangka jangka pendek yang tadinya telah menjual metal pada awalnya menjadi gugup dan membeli kembali posisi-posisi yang dijualnya (short covering).

Emas berjangka bulan Desember terakhir naik $9.40 per ons pada $1,472.80. Harga perak Comex bulan Desember terakhir naik $0.072 pada $16.985 per ons.

Keengganan terhadap resiko meningkat dengan berjalannya waktu pada minggu ini. Persetujuan perdagangan parsial antara AS dengan Cina sekarang nampaknya menjauh setelah kedua belah pihak telah membuat komentar-komentar pada minggu ini yang mendukung pandangan ini. Cina dilaporkan menghentikan sejumlah tertentu dari produk-produk agrikultural AS yang diminta untuk dibeli dalam kesepakatan perdagangan. Sementara, Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa Amerika Serikat tidak akan menunda semua tarif atas impor Cina, yang mana merupakan apa yang jelas-jelas diminta oleh Cina.

Data-data ekonomi yang keluar dari Cina pada hari Kamis kemarin mendukung pernyataan Presiden AS bahwa perang dagang lebih memukul Cina daripada Amerika Serikat. Output industri Cina pada bulan Oktober naik 4.7% setahun – turun dari kenaikan sebesar 5.8% pada bulan September. Penjualan ritel naik 7.2% pada bulan Oktober, juga meleset dari perkiraan penurunan perdagangan.

“Bearish” masih memiliki sedikit keuntungan tehnikal jangka pendek secara keseluruhan, meskipun sudah semakin bekurang. Obyektif kenaikan harga ema adalah menembus “resistance” yang solid di $1,500.00 setelah terlebih dulu berhasil melewati $1,475.00 dan kemudian 1,490.00. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1.425.00 setelah terlebih dahulu melewati $1,461.70 dan kemudian $1,450.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here