Harga Kakao Turun, Meningkatnya Persediaan di Ivory Coast

333

(Vibiznews – Commodity) – Harga kakao pada awal pasar meningkat melanjutkan kenaikan dari  hari sebelumnya  salah satunya karena penjualan coklat ke Indonesia terus meningkat, namun pada penutupan pasar harga turun karena laporan peningkatan persediaan dari  Ivory Coast.

Harga kakao Maret di ICE New York  turun  $48 (1.75%) menjadi $2,694 per ton dan di ICE London tidak berubah.

Harga kakao pada hari Selasa kemarin menjelang penutupan pasar turun karena persediaan kakao meningkat di Ivory Coast karena data pada hari Senin petani di Ivory Coast mengirim 88,855 MT ke pelabuhan  selama 11 -17 Nopember naik 6.1%  dari  tahun lalu. Total penerimaan mulai 1 Oktober naik 6% dari tahun lalu menjadi  533,952 MT.

Harga kakao meningkat pada awal pasar hari Selasa karena menguatnya permintaan coklat Indonesia ( negara dengan penduduk terbanyak ke empat dunia, setelah Cina, India dan AS), menurut laporan Mondelez International pada hari Senin penjualan coklat naik 36%  per tahun   pada tiga tahun terakhir di Indonesia dan diperkirakan bahwa penjualan coklat akan meningkat lebih dari 40% tahun ini.

Harga kakao Maret di  New York pada hari Senin mencapai tertinggi 1 ½ tahun karena kenaikan permintaan global dan turunnya persediaan.  The International Cocoa Organization hari Kamis mengatakan bahwa pasar kakao akan jadi defisit 50,000 MT dan harga kakao akan terus naik karena pemerintah Ivory Coast dan Ghana akan memberikan pendapatan untuk petani kakao.

Panen sedang berjalan di Afrika Barat dengan jumlah dan kualitas sesuai yang diharapkan. Laporan dari Afrika Barat bahwa akan ada panen besar.

Cuaca di Ivory Coast sangat mendukung panen dengan seringnya hujan turun. Cuaca yang kering dan kelembaban yang sedikit membuat jamur tidak bertumbuh.

Di Ivory Coast dan Ghana sedang diterapkan system harga minimum dan mereka mengajak juga Nigeria dan Kamerun.

Cuaca di Afrika Barat hujan tidak merata, suhu diatas normal. Cuaca di Malaysia dan Indonesia hujan masih jarang dan suhu diatas normal. Cuaca di Brazil kering dan suhu diatas normal.

Analisa tehnikal untuk kakao dengan support pertama di $2,600 dan berikut ke $2,570 sedangkan resistant pertama di $2,700 dan berikut ke $2,720.

Loni T/ Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here