Preview: Risalah Pertemuan FOMC Federal Reserve AS Oktober 2019

377
Vibizmedia Photo

(Vibiznews-Forex) Federal Reserve AS akan segera merilis risalah dari pertemuan pada bulan Oktober. Di dalam pertemuan itu diputuskan the Fed memangkas tingat bunga namun memberikan signal berhenti sementara – paling tidak untuk sekali ini. Gubernur Federal Reserve AS, Jerome Powell, kemudian memberikan indikasi bahwa rintangan untuk menaikkan tingkat suku bunga adalah lebih tinggi daripada menurunkannya. Hal ini membebani dolar AS. Risalah pertemuan FOMC akan memberikan pandangan yang lebih dekat mengenai tendensi diantara bank sentral – dan membantu pasar menilai pergerakan berikutnya di 2020. Pandangan the Fed mengenai hubungan perdagangan, inflasi, dan employment juga menarik untuk diperhatikan.

Keprihatinan terhadap ekonomi domestik hanya memainkan peranan yang kecil di dalam perpindahan yang tajam dan tiba-tiba dari the Fed ke postur akomodatif pada akhir bulan Juli. Ekonomi AS telah mendingin dari tingkat pertumbuhan 3.1% setahun di kuartal pertama menjadi 2.0% dikuartal kedua dan 1.9% di kuartal ketiga dan sekarang sedang bergerak di 0.4% di perkiraan GDP sekarang oleh Fed Atlanta di tiga bulan terakhir dari tahun ini, tapi penciptaan lapangan pekerjaan dan belanja konsumen tetap sehat.

Penurunan GDP pada tahun ini disebabkan karena turunnya investasi bisnis yang disebabkan oleh terhalangnya rencana-rencana karena pertengkaran perdagangan AS dengan Cina yang telah berjalan hampir dua tahun.

Pasar tenaga kerja terus menghasilkan lebih banyak lapangan pekerjaan daripada yang bisa diisi oleh ekonomi, 176.000 posisi baru di dalam tiga bulan rata-rata pada bulan Oktober dan 174.000 bulanan pada tahun sebelumnya. Upah meningkat 3.0% atau lebih selama setahun untuk 15 bulan dan tingkat pengangguran 3.6% adalah hanya tinggal selisih 0.1% untuk level terendah selama 5 dekade. Tingkat pengangguran untuk orang-orang Amerika-Afrika dan Hispanik ada pada rekor terendah.

Untuk mempertahankan keuntungan inilah ditengah menghadapi perlambatan ekonomi global dan disrupsi dari perang dagang dengan Cina, Gubernur Federal Reserve mengadopsi “penyesuaian tengah waktu”. Penurunan tingkat bunga bukannya tanpa tentangan. Pada setiap pertemuan yang menghasilkan pemangkasan tingkat bunga sebesar 25 basis poin, dua gubernur, Esther George dari Kansas City dan Eric Rosengren dari Boston menentang pemangkasan.

Pergerakan ke kebijakan netral pada pertemuan bulan Oktobe dan kembalinya bank ke monitoring data aktif sebagai penanda dari penyesuaian kebijakan yang akan datang didorong oleh Gubernur Jerome Powell di depan Kongres pada tanggal 13-14 November di dalam testimoni ekonomi tengah tahunnya.

Ekonomi AS stabil tanpa problem yang berarti selain kurangnya investasi bisnis yang akan bisa membaik jika kesepakatan perdagangan AS-Cina ditandatangani.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here