Harga Karet Meningkat, Wabah Jamur Merusak Pohon Karet

1068

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet kembali naik pada hari Senin ini, kenaikan harga karet terjadi karena produksi karet alam menurun karena wabah jamur dan permintaan dari Cina mulai meningkat.

Harga karet April di TOCOM naik 1 yen menjadi $188 per kg. Harga karet Malaysia SMR20 menjadi RM586.50.

Produksi karet Alam turun

Produksi karet alam memiliki karakteristik musiman. Di bulan Nopember dan Desember setiap tahun, produksi karet alam Cina sudah memasuki periode yang berkurang, dan akan berhenti dari Januari sampai Maret, di negara Asia Tenggara pada kuartal pertama adalah periode berhenti, pada kuartal kedua produksi meningkat dan kuartal ke tiga dan kuartal ke empat periode pada periode yang tertinggi.

Wabah Jamur menyebar dari Indonesia ke Malaysia dan Thailand. Sejak di temukan di Thailand bulan September, wabah jamur berjangkit di 330,000 kebun karet di empat propinsi di Narathiwat, Yala, Pattani dan Trang.

Jamur ini membuat daun di pohon karet rontok. Sejak serangan ke empat propinsi itu, produksi karet turn 40,000 ton atau 50%. Pengaruh dari wabah ii akan menurunkan produksi dari karet alam di tiga negara produsen di Asia Tenggara.

Dalam waktu pertengahan dan akan datang, Produksi di area Cina Yunnan mengalami kekeringan dan ketiga negara produsen terbesar terjangkit wabah jamur, sehingga pada musim ini terjadi penurunan persediaan di Cina dan Asia tenggara dan hal ini akan membuat harga karet meningkat.

Analisa tehnikal untuk karet dengan support pertama 161.67 yen dan berikut 149.84 yen sedangkan support di 186.84 yen dan berikut ke 193.51 yen.

Loni T /Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here