Pertumbuhan Ekonomi Q3 AS Meningkat

359

(Vibiznews – Economy & Business) Pertumbuhan Ekonomi AS berada pada angka 2,1% selama musim panas, sedikit lebih cepat dari perkiraan pertama. Banyak ekonom memperkirakan pertumbuhan melambat tajam pada kuartal saat ini.

Departemen Perdagangan AS mengatakan tingkat pertumbuhan Juli-September dalam produk domestik bruto, total produksi ekonomi barang dan jasa sedikit melebihi perkiraan awal dari tingkat 1,9%.

Ekonomi telah memulai tahun dengan PDB 3,1%. Banyak ekonom memperkirakan bahwa pertumbuhan PDB melemah pada kuartal saat ini, sebagian besar karena perang perdagangan AS-China telah menyebabkan bisnis memangkas investasi dan inventaris.

Namun, musim belanja liburan diperkirakan relatif sehat mengingat pertumbuhan pekerjaan yang solid dan belanja konsumen.

Peningkatan PDB riil pada kuartal ketiga mencerminkan kontribusi positif dari PCE, pengeluaran pemerintah federal, investasi perumahan, investasi inventaris swasta, ekspor, dan pengeluaran pemerintah negara bagian dan lokal yang sebagian diimbangi oleh kontribusi negatif dari investasi tetap non-perumahan. Impor, yang merupakan pengurangan dalam perhitungan PDB, meningkat.

Akselerasi PDB riil pada kuartal ketiga mencerminkan peningkatan dalam investasi inventaris swasta, ekspor, dan investasi tetap residensial yang sebagian diimbangi oleh perlambatan PCE, pengeluaran pemerintah federal, dan pengeluaran pemerintah negara bagian dan lokal, dan penurunan yang lebih besar dalam investasi tetap non-perumahan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here