Bursa Eropa Tertekan Ketegangan AS-China dan Perancis-NATO

402

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada hari Jumat (29/11) di tengah ketegangan hubungan antara AS dan China terkait Hong Kong.

Indeks Stoxx 600 Eropa turun 0,4% di awal, dengan sumber daya dasar turun 0,9% untuk memimpin kerugian sementara utilitas naik 0,3% sebagai salah satu dari hanya dua sektor yang diperdagangkan di wilayah positif.

Indeks FTSE melemah 0.15%. Indeks DAX turun 0.08%. Indeks CAC naik tipis 0.09%.

Sentimen dipengaruhi oleh meningkatnya ketegangan baru-baru ini antara Washington dan Beijing setelah Presiden AS Donald Trump menandatangani undang-undang untuk mendukung para pemrotes Hong Kong. Kementerian luar negeri China merespons, mengklaim AS memiliki niat jahat.

Presiden Prancis Emmanuel Macron memperbarui kecamannya terhadap NATO pada hari Kamis, membela klaimnya bahwa aliansi militer menderita “kematian otak”.

Minggu depan akan menjadi perhatian terkait geopolitik, dengan NATO akan bertemu untuk KTT 2019 dan Trump diatur untuk bertemu Ratu Elizabeth II di London.

Dalam hal data, angka-angka Inggris yang dirilis Jumat menunjukkan kepercayaan konsumen tetap terjebak di level terendah sejak 2013 pada bulan November, di tengah ketidakpastian pemilihan umum 12 Desember.

Sementara itu, PDB Prancis tumbuh sebesar 0,3% pada kuartal ketiga, sejalan dengan perkiraan awal.

Supermarket online Inggris, Ocado adalah penggerak saham individu terbesar, melonjak 13,8% pada awal perdagangan setelah memasuki pasar Asia dengan menandatangani kemitraan teknologi dengan Aeon Jepang.

Di ujung lain Stoxx 600, Aak Swedia turun 6,2% sementara kelompok penasihat keuangan Inggris St. James Place melihat sahamnya jatuh 5,4%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi lemah dengan ketegangan AS-China terkait Hong Kong masih berlanjut, juga perkembangan geopolitik dan Brexit yang cenderung memberikan sentimen negatif.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here