Pertumbuhan Manufaktur China Terkuat Dalam 3 Tahun

241

(Vibiznews – Economy & Business) Sebuah survei swasta pada hari Senin (02/12) menunjukkan aktivitas manufaktur China meningkat lebih dari yang diperkirakan pada bulan November ketika Indeks Manajer Pembelian manufaktur Caixin / Markit (PMI) berada di 51,8.

Caixin dan IHS Markit mengatakan dalam siaran pers bersama bahwa langkah peningkatan adalah yang terkuat sejak Desember 2016.

Indeks diperkirakan telah jatuh ke 51,4 pada November dari 51,7 pada Oktober, menurut ekonom yang disurvei oleh Reuters.

Pembacaan PMI di atas 50 menunjukkan ekspansi, sementara yang di bawah level tersebut merupakan sinyal kontraksi.

Caixin dan IHS Markit mengatakan data PMI mengisyaratkan “perbaikan moderat lebih lanjut” dalam kesehatan sektor manufaktur China dikaitkan dengan “peningkatan solid” dalam produksi dan bisnis baru. Pekerjaan di sektor ini juga tetap stabil secara luas, tambah mereka.

PMI resmi China adalah 50,2 pada November, naik dari 49,3 pada Oktober untuk mencapai level tertinggi sejak Maret, Biro Statistik Nasional Cina mengatakan pada hari Sabtu.

Survei PMI resmi biasanya mensurvei sebagian besar bisnis besar dan perusahaan milik negara. Indikator Caixin menampilkan perpaduan yang lebih besar antara perusahaan kecil dan menengah.

Data datang saat AS dan China tetap terkunci dalam sengketa perdagangan yang telah lama membebani sentimen.

Namun investor di seluruh optimis menunggu penandatanganan perjanjian perdagangan sejak Trump mengatakan pada Oktober bahwa AS telah mencapai “kesepakatan fase satu yang sangat substansial” dengan China.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here