Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 2 – 6 Desember 2019

225

(Vibiznews-Commodity) Emas tetap tangguh di hadapan sentimen “risk-on” pada minggu lalu, namun goncangan harga kearah $1,425 per ons masih dimungkinkan dengan akan keluarnya data “employment” AS pada tanggal 6 Desember.

Berita baiknya untuk sekarang ini adalah bahwa metal berharga berhasil mempertahankan posisi di level support di pertengahan sekitar $1450 ditengah banyaknya sentimen “risk-on” dan saham yang mencapai rekor ketinggian yang baru.

Alasan dibalik emas tidak menyerah di level sekarang adalah ekspektasi bahwa Federal Reserve telah berhenti sementara sebelum kembali mengadakan pemangkasan pada tahun depan. Emas masih memiliki peluang untuk kembali ke rally “bullish” nya sekali lagi, dengan pemikiran bahwa penghentian sementara ini berlangsung sebelum diadakannya seri pemangkasan berikutnya pada tahun depan, kemungkinan dua kali lagi pada tahun depan.

Meskipun tertekan pada minggu lalu, pergerakan harga emas bisa dikatakan mengesankan. Seharusnya apabila berhasil menembus ke bawah $1,450, maka harga emas akan jatuh ke area $1,425. Tapi, sebegitu jauh, setiap kali akan turun, harga emas naik kembali ke level $1,460 seperti sekarang ini dimana harga emas bertengger di posisi $1,460.

Kelihatan bahwa sekarang emas sedang melakukan konsolidasi sebelum tembus naik lebih tinggi. Pasar bisa melihat kemiripan dengan bulan Desember tahun lalu ketika saham mengalami aksi jual dan emas naik.

Dolar AS tidak naik cukup tinggi untuk bisa memicu aksi jual di emas. Dengan para bank sentral tetap mempertahankan tingkat suku bunga rendah, ini adalah lingkungan dimana emas bisa bergerak naik.

Resiko terbesar pada minggu ini adalah laporan “employment” AS untuk bulan November yang bisa jadi muncul dengan angka yang lebih baik daripada yang diperkirakan. Konsensus pasar memperkirakan ekonomi AS menambah 183.000 posisi baru pada bulan November 2019. Tapi ada kemungkinan besar angka yang keluar lebih besar lagi dengan para pekerja GM telah balik dari pemogokan mereka.

Penurunan harga emas akan menghadapi “support” terdekat di $1,450 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,425 dan kemudian $1,400. Sedangkan kenaikan harga emas akan menghadapi “resistance” terdekat di $1,475 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke $1,495 dan kemudian $1,515.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here