Harga Karet Naik Ke Tertinggi Sejak Juli

1355

( Vibiznews-Commodity) – Harga karet meningkat pada awal minggu, didukung oleh data factory yang meningkat di Cina, Turunnya persediaan karet di Cina, dan kenaikan harga minyak mentah.

Harga karet Mei di TOCOM naik 2.3 yen menjadi 189.3 yen ($1.74) per kg, setelah naik ke tertinggi di 192.1 yen pada pertengahan pasar harga tertinggi sejak Juli.

Hara karet di Shanghai Futures Januari naik 70 yuan menjadi 12,640 yuan ($1,796) per ton. Harga karet Cina TSR20 naik 20 yuan menjadi 10.625 yuan per ton.

Ekonomi data Cina menguat dan persediaan dari karet Cina turun membuat para trader melakukan pembelian.

Persediaan  di gudang yang dimonitor oleh Shanghai Futures Exchange turun 53.4% dari minggu lalu pada hari Jumat.

Berita perjanjian dagang antara Cina dan AS semakin tidak menentu juga membuat harga karet di SICOM, Singapur naik 0.4% menjadi 140 sen dolar per kg.

Pabrik-pabrik di Cina sedang berjalan kembali di bulan Nopember dan pertumbuhannya naik sehingga mencapai tertinggi tiga tahun, sehingga meningkatnya data ekonomi yang dilaporkan pada akhir minggu lalu.

Perang dagang antara Cina dan AS yang sudah berlangsung 17 bulan belum berakhir sehingga menekan pertumbuhan ekonomi global.

Data di Jepang, Indeks saham Nikkei naik pada hari Senin tertinggi pada bulan ini setelah Data China Factory naik dan permintaan meningkat. Kurs yen melemah menjadi  109.61 yen per USD dibanding 109.47 yen per USD  pada hari Jumat siang.

Harga minyak mentah naik 1% pada hari Senin karena aktivitas pabrik-pabrik Cina meningkat, sehingga terjadi peningkatan permintaan bahan bakar ditambah dengan OPEC akan mengurangi output pada minggu ini, membuat persediaan bisa berkurang pada tahun depan. Harga minyak naik akan membuat pembeli karet beralih ke karet alam, karena harga karet sintetis akan lebih mahal karena salah satu bahannya adalah minyak mentah.

Menguatnya harga karet juga dipicu oleh wabah jamur yang menyerang perkebunan karet di Thailand, Indonesia dan Malaysia, sehingga produksi karet menurun.

Analisa tehnikal pada karet dengan support pertama di $163.96 dan berikut ke $155.43 sedangkan resistant pertama di $189.56 dan berikut ke $198.09

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here