Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 4 Desember 2019

785

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak membukukan keuntungan yang baik pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Selasa kemarin, karena minat beli “safe-haven” setelah pernyataan yang negatif dari Presiden Trump mengenai negosiasi perdagangan AS-Cina.

Emas berjangka bulan Februari terakhir naik $11.40 per ons pada $1,480.20. Harga perak Comex bulan Maret terakhir naik $0.249 pada $17.205 per ons.

Minat terhadap resiko para trader dan investor sekali lagi tertekan setelah komentar Trump di London, mengenai kesepakatan perdagangan AS-Cina parsial. Trump berkata tidak ada jadwal atas bahkan kesepakatan parsial dan mengandung arti setiap kesepakatan hanya bisa terjadi setelah pemilihan presiden tahun depan. “Dengan perkataan lain, lebih baik menunggu sampai setelah pemilihan,” kata Trump. Sementara pada hari Senin Trump mengancam Brazil dan Argentina dengan tarif perdagangan  dan pada hari Selasa dilakukan yang sama terhadap Perancis.

Saham Asia bercampur dan pasar saham Eropa kebanyakan turun dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan ketika perdagangan sesi New York dimulai.

Laporan semalam mengatakan Iran sedang berada pada kejatuhan ekonomi yang terdalam di dalam 30 tahun dan sekarang menghadapi kekurangan kas yang serius dan berada pada “bahaya ekonomi”. Kesulitan Iran yang mengerikan ini bisa memicu pemimpin negara Iran untuk menyerang dengan militernya terhadap musuh-musuhnya termasuk Amerika Serikat. Membuat tidak stabil kondisi Teluk Persia bisa menjadi salah satu cara Iran membalas Amerika Serikat dan Barat yang mengenakan sanksi ekonomi yang membuat lumpuh ekonomi Iran.

Penurunan harga emas masih memiliki sedikit keuntungan jangka pendek secara keseluruhan. Harga emas berada pada tren turun tiga bulan pada grafik bar harian. Obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,425.00 setelah terlebih dahulu melewati $1,465.40 dan kemudian $1,459.80. Sedangkan obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,500.00 setelah terlebih dahulu melewati $1,486.00 dan kemudian $1,490.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here