AS dan China Belum Sepakat Tentang Ukuran Pembelian Barang Pertanian

1172

(Vibiznews – Economy & Business) AS dan China masih berselisih soal ukuran pembelian pertanian China, The Wall Street Journal melaporkan Kamis.

Presiden AS Donald Trump meminta China untuk membeli $ 40 miliar hingga $ 50 miliar barang pertanian setahun, yang secara signifikan lebih tinggi dari $ 8,6 miliar yang dibeli China tahun lalu, kata WSJ, mengutip orang-orang yang akrab dengan diskusi. Pemerintah juga menuntut agar China mengumumkan rencana pembeliannya secara terbuka dan mengatakan bahwa mereka tidak akan bergantung pada kondisi pasar atau kewajiban perdagangan China, sumber mengatakan kepada WSJ.

Kedua negara sedang dalam pembicaraan untuk menyelesaikan apa yang disebut kesepakatan perdagangan fase pertama karena tarif 15% dari $ 165 miliar pada impor China akan dimulai pada 15 Desember.

Trump mengatakan pada hari Kamis bahwa sesuatu dapat terjadi mengenai tarif tersebut, tetapi menambahkan mereka belum membahas hal itu. Dia juga mengatakan dia percaya pembicaraan perdagangan dengan Beijing berjalan “sangat baik.”

Juru bicara Departemen Perdagangan China Gao Feng mengatakan pada hari Kamis bahwa kedua belah pihak tetap berkomunikasi erat mengenai perdagangan. Dia menambahkan bahwa China “percaya jika kedua belah pihak mencapai perjanjian fase-satu, tarif yang relevan harus diturunkan.”

Bloomberg News melaporkan pada hari Rabu bahwa kedua negara semakin dekat untuk mendapatkan kesepakatan tentang jumlah tarif yang akan dibatalkan dalam kesepakatan perdagangan terbatas.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here