Tindakan Trump Menjadi Perhatian Menjelang 15 Desember

295

(Vibiznews – Economy & Business) Batas waktu pemerintah Trump pada 15 Desember untuk mengenakan tarif baru terhadap China semakin terbuka, dan sementara sebagian memperkirakan akan ditunda sementara pembicaraan berlanjut.

Hanya dalam seminggu terakhir, Trump mengatakan dia akan mengenakan tarif baru di Brasil, Argentina dan Prancis. Dia mengguncang pasar ketika dia mengatakan dia bisa menunggu sampai setelah pemilihan untuk kesepakatan perdagangan dengan China.

Trump mengingatkan pasar bahwa ia melihat tarif sebagai cara untuk mendapatkan apa yang diinginkannya dari lawan, dan pedagang diingatkan tarif mungkin ada untuk waktu yang lama.

Perdagangan menjadi peristiwa paling penting bagi pasar di minggu depan, yang juga mencakup keputusan suku bunga Fed pada hari Rabu dan pemilihan UK yang dapat menentukan arah bagi Brexit. Jika tidak ada kesepakatan China, bursa saham tergelincir, mengirim hasil Treasury lebih rendah dan mengirim investor ke safe havens lainnya.

Ketika para pejabat Fed bertemu minggu ini, mereka tidak diharapkan untuk mengubah suku bunga, tetapi mereka kemungkinan akan membahas apakah mereka percaya operasi repo mereka untuk mendorong likuiditas di pasar pendanaan jangka pendek berjalan lancar, menjelang akhir tahun. Laporan ekonomi dalam minggu mendatang termasuk inflasi IHK Rabu, yang bisa menjadi input penting bagi The Fed.

Pada hari Jumat, Gedung Putih tampaknya tidak mendekati untuk mencapai kesepakatan dengan China, meskipun para pejabat mengatakan pembicaraan berjalan baik-baik saja. Kembali pada bulan Agustus, Trump mengatakan jika tidak ada kesepakatan, 15 Desember adalah tanggal untuk gelombang baru tarif $ 156 miliar pada barang-barang Cina, termasuk ponsel, mainan dan komputer.

China menghapus beberapa tarif dari produk pertanian A.S. Jumat, dan pejabat pemerintah telah berbicara tentang diskusi berjalan baik.

Analis mengatakan peringkat persetujuan Trump turun ketika perang perdagangan memanas, sehingga dapat memotivasi dia untuk menyelesaikan kesepakatan dengan China bahkan jika dia tidak mendapatkan semua yang dia inginkan.

Analis lain mengatakan untuk kesepakatan perdagangan yang akan ditandatangani dalam beberapa bulan ke depan, tetapi meskipun demikian, dia mengatakan dia tidak dapat sepenuhnya mengesampingkan hasil lain. Masuk akal jika tarif ditunda sementara pembicaraan berlanjut.

The Fed telah pindah ke sela-sela dan mengatakan sedang memantau data ekonomi sebelum memutuskan langkah selanjutnya. Laporan pekerjaan November yang kuat pada hari Jumat, dengan 266.000 pekerjaan ditambahkan, memperkuat keputusan Fed untuk pindah ke netral untuk saat ini.

Jadi berita utama yang paling penting dari pertemuan minggu ini adalah tentang pasar repo, pada dasarnya saluran untuk sistem keuangan di mana lembaga keuangan mendanai sendiri. Suku bunga di pasar yang agak kabur itu melonjak pada bulan September. Pro pasar mengatakan masalah ini adalah krisis uang tunai di pasar pinjaman jangka pendek, menjadi lebih baik ketika The Fed memulai operasi repo.

The Fed sekarang memiliki beberapa operasi yang berjalan selama akhir tahun, dan memiliki kebebasan untuk berbuat lebih banyak. Analis memperkirakan akan ada lebih banyak tekanan pada pasar repo karena bank mengendalikan operasinya untuk merapikan neraca mereka di akhir tahun.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here