Optimisme Ekonomi Desember Jerman Naik Tinggi

367

(Vibiznews – Economy & Business) Optimisme ekonomi Jerman meningkat jauh lebih dari yang diperkirakan pada bulan Desember, menurut survei terbaru dari Pusat ZEW untuk Penelitian Ekonomi Eropa di Mannheim.

Tajuk utama indeks ekspektasi ekonomi ZEW meningkat menjadi 10,7 dari -2,1 pada bulan November, mengalahkan ekspektasi untuk kenaikan ke 0,0 dan menandai level terbaik sejak Februari 2018.

Sementara itu, indeks situasi saat ini meningkat menjadi -19,9 pada Desember dari -24,7 pada bulan sebelumnya, mengalahkan ekspektasi untuk pembacaan -22,3.

Presiden ZEW Achim Wambach mengatakan: “Pada pandangan pertama, peningkatan substansial baru dari Indikator ZEW tentang Sentimen Ekonomi mungkin tampak mengejutkan. Itu bertumpu pada harapan bahwa ekspor Jerman dan konsumsi swasta akan berkembang lebih baik dari yang diperkirakan sebelumnya. Harapan ini dihasilkan dari peningkatan dari perkiraan surplus perdagangan luar negeri Jerman pada bulan Oktober, di samping pertumbuhan ekonomi yang relatif kuat di UE pada kuartal ketiga dan pasar tenaga kerja Jerman yang stabil.

“Angka-angka yang agak tidak menguntungkan untuk produksi industri dan pesanan masuk untuk Oktober, bagaimanapun, menunjukkan bahwa ekonomi masih sangat rapuh.”

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here