Tiga Alasan Mengapa EUR/USD Bisa Naik

197

(Vibiznews-Forex) Pasar sedang menunggu keputusan yang kritikal dari bank sentral-bank sentral dan pasangan matauang EUR/USD kemungkinan akan naik dengan tiga alasan dibawah ini:

Pertama, Angka-angka data ekonomi dari zona Euro yang bagus. Perancis dengan ekonomi kedua terbesar di Eropa melaporkan kenaikan 0.4% output industri pada bulan Oktober, mengatasi dari yang diperkirakan. Selain itu angka ekspor Jerman mengalami kenaikan sebagaimana yang dilaporkan pada hari Senin dan juga angka Ssentix Investor Confidence untuk bulan Desember yang tanpa terduga positip. Rilis utama malam ini adalah Sentimen Ekonomi ZEW Jerman untuk bulan Desember yang diperkirakan naik diatas 0 – merubah dari pesimisme ke optimisme di lokomotif zona Eropa ini. Di dalam semuanya, data ekonomi Eropa sedang mendukung Euro.

Kedua, optimisme mengenai perdagangan. Sonny Perdue, Sekretaris Agrikultur dari AS mengatakan dia tidak melihat Washington akan mengenakan tarif baru atas Beijing pada tanggal 15 Desember. Pembicaraan antara kedua negara dengan perekonomian terbesar di dunia ini terus berlanjut dengan tenggat waktu pengenaan tarif yang baru mengintai. Presiden Donald Trump juga tetap optimis, dengan mengatakan negosiasi berjalan dengan sangat baik. Para pejabat Cina mendesak AS untuk membuang mental perang dingin, namun pada saat yang bersamaan juga menyatakan pengharapan akan kesepakatan. Harapan akan terjadinya kesepakatan telah terus membebani dolar AS yang “safe-haven”.

Ketiga, secara tehnikal EUR/USD sudah membaik. Momentum penurunan telah memudar, dan dengan pemulihan belakangan ini, pasangan  matauang ini sedang mendapatkan dukungan naik, dengan “resistance” awal menunggu di 1.1080 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke 1.1100 dan kemudian 1.1115. Sedangkan “support” awal menunggu di 1.1040 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1010 dan kemudian 1.0980.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here