Bursa Amerika Hanya Untung Tipis Dari Pengumuman Fed Rate

338

(Vibiznews – Index) – Meskipun Federal Reserve mengumumkan kebijakan moneternya yang optimis dan memberikan sentimen positif pada perdagangan saham, perdagangan di bursa saham Amerika terpantau kurang bersemangat dan hanya meraih keuntungan tipis  setelah perdagangan sebelumnya cetak kerugian.

Minat beli saham tetap melemah, sehingga akhir sesi beberapa saat lalu Kamis (12/12) indeks utama merangkak naik dengan Nasdaq yang paling tinggi. Indeks Dow Jones naik 29,58 poin atau 0,1 persen menjadi 27.911,30, indeks Nasdaq naik 37,87 poin atau 0,4 persen menjadi 8.654,05 dan indeks S&P 500 naik 9,11 poin atau 0,3 persen menjadi 3.141,63.

Penutupan indeks yang lebih kuat di Wall Street terjadi setelah Federal Reserve mengumumkan keputusannya untuk membiarkan suku bunga tidak berubah setelah tiga kali penurunan suku bunga berturut-turut. Keputusan itu sudah  diantisipasi, meskipun proyeksi ekonomi Fed yang diberikan bersama dengan pengumuman itu juga menunjukkan mayoritas peserta pertemuan sekarang mengharapkan suku bunga tetap ditahan sepanjang 2020.

Dalam berita ekonomi AS, sebuah laporan yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja menunjukkan tingkat harga konsumen di AS meningkat sedikit lebih dari yang diperkirakan pada bulan November. Inlasi naik 0,3 persen pada November setelah naik 0,4 persen pada Oktober. Ekonom telah memperkirakan harga naik tipis 0,2 persen. Untuk  harga konsumen inti merangkak naik 0,2 persen pada November, sesuai dengan kenaikan yang terlihat pada bulan sebelumnya serta perkiraan ekonom.

Melihat pergerakan sektoral, saham-saham emas bergerak naik tajam selama sesi perdagangan sehingga mendorong Indeks NYSE Arca Gold Bugs naik 2,7 persen. Dengan lonjakan, indeks mengakhiri sesi pada level penutupan terbaik dalam lebih dari dua bulan.

Kekuatan signifikan juga terlihat di antara saham semikonduktor, sebagaimana tercermin oleh lonjakan 2,2 persen oleh Philadelphia Semiconductor Index. Saham pembuat peralatan semikonduktor Photronics (PLAB) memimpin sektor ini lebih tinggi setelah melaporkan pendapatan kuartal keempat fiskal yang memenuhi perkiraan dan memberikan panduan kuartal pertama fiskal yang optimis. Sektor yang bergerak lemah hanya sektor bioteknologi dan sektor real estat komersial.

Jul Allens, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here